kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengunjung KATF membeludak


Sabtu, 29 Juli 2017 / 15:53 WIB
Pengunjung KATF membeludak


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

JAKARTA. Pengunjung KAI Travel Fair 2017 membludak. Kapasitas ruangan dinilai kurang memadai. Insiden pengunjung saling dorong di pintu masuk utama pun tak bisa dihindari.

Pengunjung yang datang sudah memadati area depan Hall B JCC hingga Jalan Jendral Sudirman sejak pagi hari. Bahkan menurut pihak kemanan, sudah ada pengunjung yang antre sejak pukul 02.00 dini hari.

Para pengunjung yang antre tersebut akhirnya dipersilahkan masuk pukul 10.00 WIB. Namun karena banyaknya pengunjung, penyelenggara melakukan skema buka tutup loket dan pemotongan antrean.

Setelah ruangan utama penuh, pihak penyelenggara pun menutup loket. Mereka membukanya kembali untuk ratusan peserta setelah ruangan utama dinilai cukup lengang.

Selain itu, skema pemotongan antrean juga dilakukan sejak pukul 10.50 WIB. Ratusan pengunjung dimasukkan ke dalam ruangan sementara. Sambil menunggu, mereka diminta untuk untuk mengecek ketersediaan tiket secara online.

Hampir setengah jam menunggu, ratusan pengunjung pun mulai protes karena tak kunjung mendapat kepastian masuk ruangan utama. Tak lama kemudian, sekitar pukul 11.20 WIB, pihak penyelenggara mengumumkan jika pembelian tiket bisa dilakukan secara online lewat situs Online Travel Agent (OTA).

"Pada awalnya pengunjung bisa beli tiket langsung di stan. Bisa juga online, tapi harus dapat kode dari Traveloka dengan datang langsung dan pake jaringan internet mereka," ujar Agus Komarudin, Humas PT KAI dalam acara KAI Travel Fair, Sabtu (29/7).

Skema buka tutup loket dan memotong antrean tampaknya tidak bertahan lama. Ribuan pengunjung yang masih mengantre di luar gedung JCC mulai merangsek masuk. Mereka sempat diguyur hujan deras. Anak-anak dan lansia yang ikut mengantre satu per satu mulai dievakuasi petugas guna menghindari kemungkinan terburuk.

Menteri BUMN Rini Soemarno yang memantau jalannya acara menginstruksikan untuk membuka semua gerbang, karena keadaan antrean semakin parah. Akhirnya ribuan pengunjung merangsek masuk, mendorong para petugas keamanan.

Sempat terjadi keributan antara petugas dan pengunjung yang antre. Setelah gerbang dibuka dan tiket bisa diperoleh secara online, pukul 13.20 WIB keadaan mulai mereda dan lokasi travel fair relatif lengang.

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul Penyelenggara KAI Travel Fair Kewalahan Menampung Ledakan Pengunjung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×