kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan global McDonald's tertekan 22,2% pada kuartal I akibat wabah corona


Kamis, 09 April 2020 / 13:13 WIB
Penjualan global McDonald's tertekan 22,2% pada kuartal I akibat wabah corona
ILUSTRASI. People wearing face masks are seen outside a McDonald's restaurant in Wuhan, Hubei province, the epicentre of China's coronavirus disease (COVID-19) outbreak, March 30, 2020. REUTERS/Aly Song


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  CHICAGO. Krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 memukul bisnis McDonald's Corp hingga tiga bulan pertama 2020. Penjualan makanan cepat saji itu secara global turun 22,2% pada Maret 2020 seperti pemberitaan Reuters pada Kamis (9/4).

McDonald’s memangkas proyeksi penjualan sepanjang tahun ini lantaran penerapan lockdown di berbagai wilayah yang memaksanya untuk menutup toko.

Kendati demikian, rantai burger global ini tetap memberikan layanan pengiriman (delivery) atau pengambilan (take out).

McDonald's Corp mencatat penjualan pada kuartal ini senilai US$ 6,5 miliar pada kuartal ini. Juga mengumumkan akan menangguhkan buyback saham untuk meningkatkan cadangan kasnya.

Baca Juga: Wabah virus corona membuat bisnis pengantaran tanpa kontak laris manis

Ini memberikan pembaruan, termasuk hasil penjualan triwulanan, menjelang pengumuman pendapatan yang direncanakan pada 30 April.

Pada bulan Maret di Amerika Serikat, ketika kasus Covid-19 mulai meroket, penjualan McDonald turun 13,4%. Lantaran pihak berwenang meminta orang untuk tinggal di rumah dan membutuhkan ruang makan untuk menutup untuk mengurangi penyebaran virus.

Hingga saat ini, virus yang mematikan ini telah menginfeksi lebih dari 1,3 juta dan membunuh lebih dari 81.000 secara global.

“Sekitar 75% dari 38.000 restoran McDonald di seluruh dunia beroperasi selama kuartal tersebut. Sebagian besar diadaptasi untuk fokus pada drive-thru, pengiriman atau dibawa pulang,” kata Chief Executive Officer Chris Kempczinski.

Baca Juga: Seberapa besar dampak wabah virus corona memukul bisnis korporasi besar dunia?

Lanjutnya, situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini mengubah dunia tempat manusia hidup. Ia menilai kita perlu beradaptasi dengan realitas baru setelahnya.

Penurunan tajam pada bulan Maret menyebabkan penurunan 3,4% dalam penjualan yang sebanding untuk tiga bulan yang berakhir pada tanggal 31 Maret secara global. Dibandingkan dengan penurunan rata-rata yang diperkirakan para analis, menurut data IBES dari Refinitiv.

Namun, beberapa broker yang disurvei oleh Refinitiv belum memperbarui perkiraan mereka untuk memasukkan dampak virus corona dalam konsensus.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×