kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan mobil kabin ganda menggeliat


Jumat, 22 September 2017 / 12:10 WIB
Penjualan mobil kabin ganda menggeliat


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - Penjualan mobil segmen kabin ganda alias double cabin kembali menggeliat, seiring membaiknya harga komoditas tambang terutama batubara. Sejumlah agen pemegang merek (APM) merasakan pertumbuhan penjualan tersebut.

Memang, kebutuhan jenis mobil ini pada sektor pertambangan dan perkebunan masih terbilang cukup tinggi. Sehingga, sejumlah APM optimistis mampu bersaing merebut porsi pangsa pasar.

Pikap kabin ganda ini banyak dibutuhkan untuk operasional tambang dan perkebunan. Produk ini memiliki spesifikasi yang cukup perkasa sehingga dengan mudah bisa melibas medan berat. Tak pelak, ketika sektor pertambangan lesu, dampaknya berimbas terhadap permintaan mobil kabin ganda.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Astra Toyota Motor, menyebutkan, tahun ini terjadi kenaikan penjualan mobil segmen kabin ganda, terutama dari sektor pertambangan.

Pendorongnya adalah tren kenaikan harga tambang, terutama batubara. "Saat ini penjualan utama dari Hilux, sekitar 500 unit per bulan," kata Soerjo - panggilan Fransiscus Soerjopranoto- kepada KONTAN, Selasa (19/9).

Attias Asril, Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia, mengamini, permintaan pasar melonjak dipicu oleh sektor komoditas. Di segmen tersebut, Isuzu mempunyai merek D-Max Double Cabin. "Target tahun ini antara 1.100 unit-1.200 unit," kata Attias kepada KONTAN, Selasa (19/9).

Sebab itu, Isuzu berusaha optimal dalam pengembangan produk dan peningkatan layanan after sales. Secara keseluruhan target penjualan Isuzu baik dari sektor komersial maupun passenger car sebanyak 20.000 unit.

Setali tiga uang, Imam Choeru Cahya, Head of Sales & Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia sepakat, kenaikan harga batubara mendongkrak penjualan Mitsubishi di segmen kabin ganda.

Sekadar informasi, Mitsubishi baru memperkenalkan model New Triton pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun 2017 untuk mendongrak penjualan mereka. "Selain tambang ada kebutuhan untuk perkebunan, minyak dan gas yang memang kebanyakan di daerah Sumatra dan Kalimantan," kata Imam kepada KONTAN, Selasa (19/9).

Saat ini, Mitsubishi menjadi pemimpin pasar di kelas 4x4. Imam berujar, konsumen tidak hanya menginginkan sisi fungsionalitas tapi juga keindahan eksterior, keamanan dan kenyamanan saat berkendara. "Kami sebagai market leader dengan penjualan 700 unit sampai 800 unit per bulan," klaimnya

Dari sisi konsumen yang kebanyakan perusahaan, pihak Mitsubishi sudah mendata usia kendaraan. Kebanyakan perusahaan tambang sudah punya jangka waktu usia tertentu untuk penggantian model.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×