: WIB    —   
indikator  I  

Perbesar bisnis dengan mengakuisisi merek (4)

Perbesar bisnis dengan mengakuisisi merek (4)

KONTAN.CO.ID - Upaya keras Horst Julius Pudwill mengembangkan bisnis perkakas Techtronic Industries memang layak diacungi jempol. Meski dari pekerjaan sebagai makloon atas produk-produk perkakas dari perusahaan global sudah cukup mampu membuat pundi-pundi keuangan Techtronic Industries tumbuh pesat, namun hal itu tak membuat Pudwill cepat puas. Pria pemilik kekayaan US$ 2,4 miliar tersebut, kemudian melancarkan aksi pembelian merek-merek perkakas global.

Nama Techtronic Industries kini menjadi salah satu pemain besar di industri perkakas global. Bisnis ini mengantarkan Horst Julius Pudwill menjadi miliarder dengan kekayaan US$ 2,4 miliar versi Forbes.

Setelah menjalin kerjasama dengan sejumlah pemegang merek perkakas global untuk diproduksi secara makloon, Techtronic Industries masih belum puas. Pudwill sadar, perusahaannya harus memiliki merek sendiri.

Untuk bisa mencapai hal tersebut, langkah akuisisi menjadi opsi paling rasional, sebab akan lebih cepat beradaptasi dengan pasar lewat merek yang sudah dikenal.

Pada tahun 1999, langkah akusisi oleh Pudwill bersama Techtronic Industries dimulai. Sejak saat itu hingga kini, sudah belasam merek perkakas dimiliki Techtronic Industries. Salah satu aksi yang cukup penting yakni membeli merek sejumlah pembersih debu dari Eropa, diantaranya Vax, Hoover, dan Dirt Devil.

Pasar rumah tangga memang sangat potensial, sehingga Pudwill ingin memperluas kue pasarnya, lewat produk pembersih debu. Sifatnya yang praktis membuat permintaan akan produk ini terus meningkat.

Namun bukan berarti minatnya terhadap bisnis perkakas hilang. Justru berbagai kesepakatan penting Pudwill terus terlaksana. Salah satunya  membeli merek Ryobi pada tahun 2000 yang sebelumnya sudah menjadi mitra Techtronic Industries untuk diproduksi secara makloon.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Tri Adi

HORST JULIUS PUDWILL

Feedback   ↑ x
Close [X]