: WIB    —   
indikator  I  

Pertama kali dalam sejarah, Barbie kenakan jilbab

Pertama kali dalam sejarah, Barbie kenakan jilbab

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Untuk kali pertama di sepanjang sejarah, Barbie akan mengenakan jilbab.

Produsen boneka ternama dunia Barbie, Mattel, mengumumkan bahwa produk teranyar mereka dari koleksi "Shero" akan mengenakan jilbab. Koleksi Shero merupakan koleksi boneka pahlawan perempuan. Boneka ini terinspirasi dari atlet Amerika Serikat pertama yang mengenakan kerudung di Olimpiade 2016 yaitu Ibtihaj Muhammad.

"Saya sangat bangga mengetahui bahwa putri-putri kecil di manapun akan bermain dengan Barbie yang memilih untuk mengenakan jilbab! Ini impian masa kecil saya yang menjadi kenyataan," kata Muhammad dalam tweet-nya.


Boneka ini diumumkan pertama kali pada acara Glamour's Women of the Year dan akan dijual secara bebas pada 2018.

"Saya senang bisa bekerja sama dengan merek yang menghargai perempuan kuat yang mendobrak batasan demi memberi pengaruh untuk para calon-calon pemimpin," kata Muhammad kepada PeopleStyle.

Saat ini, Barbie memang bekerja sangat gigih dalam membuat koleksi bonekanya lebih variatif. Tujuannya tak lain untuk memperluas brand mereka di dunia.

Pada kuartal tiga kemarin, Mattel mengatakan penjualan Barbie mencatatkan penurunan 6% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Kolesi Shero yang diluncurkan pada tahun 2015, mencakup sejumlah boneka yang dibuat berdasarkan wanita terkemuka seperti pesenam Olimpiade Gabby Douglas, model Ashley Graham, ballerina Misty Copeland, sutradara Ava DuVernay dan aktris Zendaya.

Pada 2016, Barbie mengeluarkan versi boneka yang tinggi, mungil dan melengkung.

Perusahaan mengikuti produk boneka Ken yang tampil lebih variatif sejak awal tahun ini. Pacar Barbie ini sekarang tersedia dalam tiga tipe tubuh dan tujuh warna kulit.

"Ibtihaj adalah inspirasi bagi banyak gadis yang tidak pernah melihat diri mereka diwakili. Dengan menghormati cerita hidupnya, kami berharap boneka ini mengingatkan mereka bahwa mereka dapat menjadi dan melakukan apa saja," kata Sejal Shah Miller, wakil presiden pemasaran global Barbie, dalam sebuah pernyataan seperti yang dikutip CNNMoney.

 

 


Reporter Barratut Taqiyyah Rafie
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

BARBIE

Feedback   ↑ x
Close [X]