kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,10   -7,25   -0.78%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ponsel menjadi jagoan bisnis Samsung di Indonesia


Rabu, 28 November 2012 / 08:15 WIB
Ponsel menjadi jagoan bisnis Samsung di Indonesia
ILUSTRASI. Indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali prima. Pada pembukaan Senin (30/8), IHSG tercatat naik 21 poin ke level 6.061. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Nama Samsung sudah lama dikenal di Indonesia sebagai produsen teknologi. Beragam produk yang dimiliki oleh perusahaan asal Korea Selatan ini, mulai dari peralatan elektronik rumah tangga seperti pendingin udara, personal komputer hingga ponsel.

Namun, dari banyak produk yang dijajakan oleh Samsung di Indonesia, ternyata ponsel yang menjadi andalannya. Hal ini disampaikan oleh Sung Khiun, IT Business Director Samsung Electronics Indonesia kepada KONTAN di Jakarta, Selasa (27/11).

Menurut Sung, ponsel menjadi andalan Samsung untuk hadir di Indonesia. "Pasar ponsel di Indonesia sekarang berjumlah 60 juta unit," kata Sung.

Besarnya unit pasar ponsel itu, seiring dengan besarnya penjualan ponsel Samsung sendiri. Sayangnya, Sung enggan memberitahukan total penjualan ponsel Samsung di Indonesia.

Namun begitu, riset unit pengapalan yang dilakukan International Data Corporation (IDC), pada kuartal III 2012, Samsung termasuk dalam lima besar vendor ponsel terbesar di Indonesia.

Walaupun mendapat tempat di bisnis ponsel, namun perusahaan teknologi ini tak mau fokus di satu layanan bisnis saja. Sung mengaku akan memperkuat bisnis notebook yang saat ini pasarnya mencapai 3,8 juta unit. "Pasar PC notebook masih besar," tandas Sung.

Berdasarkan data Gartner Juni 2012, pertumbuhan data Notebook dan Netbook di Indonesia tahun 2012 hingga 2015 diprediksi mencapai rata-rata 12,5% per tahun.

Oleh sebab itu, mengantisipasi besarnya pertumbuhan PC notebook di Indonesia, Samsung pun meluncurkan Samsung ATIV Smart PC pada Selasa (27/11). "Kami akan isi semua line up. Kami akan supply semua," tegas Sung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×