kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.603
  • EMAS590.870 -0,68%

Produsen otomotif melawan putusan Trump

Jumat, 18 Agustus 2017 / 11:05 WIB

Produsen otomotif melawan putusan Trump

KONTAN.CO.ID - Asosiasi industri otomotif dari Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat (AS) melakukan perlawanan terhadap keputusan Trump yang mendorong penggunaan tingkat kandungan dalam negeri AS dengan porsi lebih tinggi. Ini terkait putusan Trump di Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).

Seperti yang dilansir Reuters pada Jumat (18/8), Eduardo Solis, Presiden Asosiasi Industri Otomotif Meksiko.mengatakan para produsen mobil dan suku cadang dari ketiga negara tersebut mendesak negosiator untuk menghindari peraturan TKDN yang lebih ketat. Pembicaraan tersebut sedang berlangsung minggu ini di Washington.

Namun Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer mengkonfirmasi bahwa tujuan pemerintahan Presiden Donald Trump ialah mencari perubahan besar pada peraturan ini guna mencoba mengurangi defisit perdagangan AS dengan Meksiko.

"Aturan soal kandungan lokal, terutama pada kendaraan dan onderdilnya, harus mewajibkan konten NAFTA yang lebih tinggi dan konten AS. Negara pemasoknya harus diverifikasi, tidak sekadar 'dianggap' saja," kata Lighthizer pada hari Rabu saat memberikan sambutan.

Menteri Ekonomi Meksiko Ildefonso Guajardo dan Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland keduanya mengatakan bahwa mereka tidak mendukung peraturan nasional yang spesifik dalam NAFTA - dimana posisi keduanya berada di pihak yang sesuai dengan keinginan industri saat \ini.

"Kami pasti menganggap persyaratan spesifik (TKDN) A.S. akan sangat menyulitkan kemampuan perusahaan, terutama perusahaan kecil dan menengah, untuk memanfaatkan keuntungan NAFTA," kata Matt Blunt, presiden Dewan Kebijakan Otomotif Amerika. Kelompok dagang tersebut beranggotakan Detroit General Motors Co, Ford Motor Co dan Fiat Chrysler Automobiles.

Komentar yang sama disuarakan kembali oleh Flavio Volpe, presiden Asosiasi Produsen Suku Cadang Otomotif Kanada.

"Kapan pun Anda mengatakan daftar ini atau bagian dari daftar ini harus datang dari satu negara tertentu, Anda akan melukai ketiga negara (negara lainnya)," katanya.

Amerika Serikat memiliki defisit perdagangan mobil dan onderdil sebesar US$ 74 miliar dengan Meksiko dan US$ 5,6 miliar dengan Kanada. Kedua komponen utama defisit perdagangan barang AS secara keseluruhan dengan tetangganya di Amerika Utara - defisit yang menurut Lighthizer tidak dapat dilanjutkan lagi.

Lighthizer menyinggung tentang persyaratan verifikasi pengetatan adalah referensi untuk memperluas daftar penelusuran konten. Ini digunakan untuk menentukan apakah perusahaan memenuhi 62,5% konten lokal Amerika Utara untuk mobil dan 60% untuk onderdil.

CEO John Bozzella dari Asosiasi Pembuat Mobil Global, yang mewakili pembuat mobil merek internasional, mengatakan NAFTA telah mengizinkan perluasan ekspor mobil utama, dengan lebih dari 1 juta kendaraan yang dibangun setiap tahun di Amerika Serikat daripada tahun 1993.

"Negosiator harus memperhatikan keberhasilan ini saat mereka berupaya memodernisasi kesepakatan," kata Bozzella, yang organisasinya mewakili pembuat mobil merek internasional dengan pabrik AS, termasuk Toyota, Honda Motor dan BMW.


Baca Juga

Reporter: Agung Hidayat
Editor: Dessy Rosalina

OTOMOTIF

TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0009 || diagnostic_api_kanan = 0.0699 || diagnostic_web = 0.2705

Close [X]
×