kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,67   -28,05   -2.91%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

RI dan Brasil tingkatkan kerja sama bidang peternakan dan kesehatan hewan


Senin, 12 Februari 2018 / 23:15 WIB
RI dan Brasil tingkatkan kerja sama bidang peternakan dan kesehatan hewan


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia dan Brasil akan meningkatkan kerja sama bilateral di bidang peternakan dan kesehatan hewan.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita pun menerima kunjungan Wakil Menteri Pertanian Negara Brasil Eumar Roberto Novacki pada tanggal 12 Februari 2018 di Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Dalam memperkuat kerjasama bilateral tersebut, Pemerintah Brasil telah menyampaikan beberapa tawaran kerja sama, yakni adanya keinginan Brasil ingin melakukan kerja sama dalam memenuhi kekurangan pasokan daging sapi di Indonesia.

Brasil melihat konsumsi protein hewani di Indonesia saat ini masih sangat rendah bila dibandingkan dengan negara anggota ASEAN lainnya, sehingga perlu untuk ditingkatkan.

“Mereka sampaikan bahwa populasi sapi di salah satu negara bagian Brasil memiliki populasi 14 juta ekor dengan sistem pemeliharaan yang efisien, sehingga harga daging sapi di negara mereka dapat lebih murah,” kata I Ketut Diarmita seperti yang tertera dalam keterangan tertulis yang diterima kontan.co.id.

Ketut juga mengatakan, Brasil mengundang Indonesia untuk melihat langsung sistem kesehatan hewan dan jaminan keamanan pangan di negara mereka. Bahkan, Brasil menawarkan kerjasama dalam perbaikan mutu genetik, pakan, food safety dan treacibility.

Diarmita menyampaikan, tawaran Brasil adalah langkah yang baik. Apalagi Indonesia masih membutuhkan pasokan sapi. Namun, terdapat persyaratan teknis yang harus dipenuhi Brasil.

Indonesia juga memanfaatkan peluang kerjasama dengan menawarkan ekspor obat hewan ke Brasil. Selain kerja sama dalam peningkatan mutu genetik pada sapi, Indonesia juga ingin mengembangkan jenis rumput dari Brasil, serta mendatangkan investor Brasil untuk membangun breeding farm di Indonesia.

“Kami juga ingin orang-orang Indonesia diberikan kemudahan untuk dapat belajar tentang breeding dan manajemen pakan ternak di Universitas Brasil,” ungkap I Ketut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×