kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,64   -7,73   -0.78%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rick Caruso: Lihai memanfaatkan jejaring (3)


Kamis, 08 Oktober 2015 / 13:31 WIB
Rick Caruso: Lihai memanfaatkan jejaring (3)


Reporter: Issa Almawadi | Editor: Tri Adi

Rick Caruso tahu benar selera orang tajir. Lahir dan besar di Los Angeles memberikan insting bisnis yang tajam bagi Caruso. Pemahaman yang kuat tentang orang kaya membawa Caruso tersohor sebagai miliarder properti yang sukses membangun berbagai proyek hunian dan pusat perbelanjaan mewah. Selain jeli membidik pasar, Caruso juga lihai memanfaatkan jejaringnya sebagai tokoh yang aktif terlibat di panggung politik dan sosial Los Angeles.

Salah satu resep sukses Rick Joseph Caruso menjadi pebisnis properti adalah tajam melihat peluang. Sama seperti pebisnis properti lain, modal utama Caruso sukses mengembangkan proyek yakni tajam melihat lokasi nan strategis.

Yang membuat Caruso berbeda adalah fokus mengincar segmen pasar kaum menengah atas. Lahir dan besar di Los Angeles memberikan pelajaran penting bagi Caruso. Yakni, orang kaya tidak mengenal definisi mahal.

Selama ada duit, kaum kaya raya tak keberatan merogoh kocek jutaan dollar untuk memiliki rumah impian. Karakter kaum tajir inilah yang dimanfaatkan Caruso. Sebagai warga Los Angeles, bapak empat anak ini memburu kawasan strategis yang jadi impian kaum jetset.

Itu sebabnya, Caruso dikenal sebagai pengusaha properti mewah. Melalui perusahaannya Caruso Affiliated, dia kerap membangun apartemen mewah di lokasi strategis lengkap dengan fasilitas pendukung seperti pusat perbelanjaan.

Misal, pada Maret 2015, Caruso mengumumkan rencana pembangunan apartemen super megah di kawasan dekat Beverly Center, Los Angeles. Dalam cetak biru, apartemen super mewah itu bakal menyatu dengan pusat perbelanjaan Grove.   Ia sudah mendapatkan izin untuk mendirikan apartemen dengan investasi US$ 155 juta itu. Keunikan layanan pun menjadi salah satu keunggulan proyek properti racikan Caruso.

Apartemen teranyar buatan Caruso ini bakal menerapkan layanan ibarat raja dan ratu. Nantinya, penghuni apartemen super mewah bakal mendapatkan fasilitas premium.

Misal, tersedia sopir dan mobil yang siap mengantar jemput penghuni saat pergi kerja, atau menuju bandara. Tak hanya itu, para penghuni apartemen pun  mendapatkan kemudahan untuk membeli tiket konser atau acara hiburan. Manajemen pun bakal menyuguhkan para pemilik apartemen dengan santapan enak saban harinya.

Selain proyek hunian, Caruso juga tengah mematangkan proses pembangunan superblok yang terdiri proyek rumah tinggal dan pusat perbelanjaan mewah di kawasan La Cienega, California. Dia berharap, pembangunan bisa dimulai tahun depan.

Saat ini, Caruso tengah memproses izin dari pemerintah setempat. Rencana Caruso, proyek 333 La Cienega bakal dibangun bertahap. "Kami mencari banyak lokasi untuk merealisasikan rencana ini," kata Caruso.

Mengenai proyek 333 La Cienega, Caruso teringat saat 25 tahun silam membangun proyek ritel pertama di persimpangan La Cienega dan San Vicente. Pembangunan saat ini bakal dirancang Caruso untuk menyulap kawasan La Cienega menjadi kawasan elite mirip Los Angeles.

"Proyek ini juga akan mencerminkan komitmen jangka panjang untuk lingkungan di sekitar," ujar Caruso. Selain dua proyek mercusuar tersebut, Caruso tengah sibuk membangun sejumlah proyek lain. Misal, proyek Pacific Palisades.

Proyek ini terbilang jumbo lantaran mengubah kawasan seluruh blok kota menjadi pusat perbelanjaan bagi penduduk setempat. Selain kejelian melihat peluang, Caruso juga lihai mendapat lokasi strategis.

Hal ini tak lepas dari keterlibatan Caruso di panggung politik dan sosial. Sejak berusia 25 tahun, Caruso kerap menduduki posisi strategis. Misal, sebagai komisaris Departemen Air dan Tenaga Listrik Los Angeles.  

Ini juga yang menolong Caruso sehingga berhasil membeli bekas kuil  Masonik di kota Glendale seluas 56.000 kaki persegi. Caruso berencana menyulap kawasan bersejarah tersebut menjadi superblok antik.                        

(Bersambung)




TERBARU

[X]
×