kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Royal berdonasi untuk kesehatan dan pendidikan (4)


Sabtu, 13 Januari 2018 / 09:05 WIB
Royal berdonasi untuk kesehatan dan pendidikan (4)


Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Di balik kekayaan yang melimpah, kehidupan pribadi John Whittaker rupanya tak semulus karier di dunia bisnis. Rumah tangganya dengan sang istri, Patricia Whittaker tak harmonis. Bahkan mereka memutuskan berpisah rumah, meski tidak bercerai. John juga dikenal cukup royal menyumbang untuk kegiatan amal atau filantropi. Donasinya menyebar untuk seni, kebudayaan, pendidikan dan juga kesehatan. Selain seni, ia memiliki kecintaan pada dunia olahraga ski.

Lahir dari keluarga pebisnis tak membuat John Whittaker semasa muda tertarik menekuni dunia bisnis. Jebolan Ampleforth College, Yorkshire, Inggris tersebut justru sempat berkeinginan menjadi pendeta. Pemilik kekayaan senilai US$ 1,4 miliar tersebut memang seorang penganut Katolik yang taat

Namun cita-citanya itu urung terwujud lantaran John diminta mengurusi bisnis keluarganya. Saat itu, keluarganya menjalankan bisnis tekstil dan pertambangan tradisional.

John kemudian mengubah haluan bisnis tersebut menjadi bisnis properti yang menguntungkan. Berkat strategi, kesabaran, dan visinya dalam berbisnis, ia pun mampu menyulap bisnis keluarga menjadi kerajaan bisnis besar lewat kendaraan Peel Group.

Kesuksesan mengelola bisnis ternyata tak diikuti keberhasilan John mengelola rumahtangga. Kehidupan keluarga John dengan sang istri, Patricia Whittaker, tak harmonis. Miliarder yang lahir 14 Maret 1942 di Lancashire, Inggris tersebut ternyata sudah pisah rumah dengan istrinya.

Meski berpisah namun ia tak bercerai dengan Patricia. Sebagai penganut Katolik yang taat, John memegang teguh keyakinannya bahwa bercerai itu dilarang oleh ajaran agamanya.

Dari pernikahannya dengan Patricia, keluarga ini dikaruniai lima orang anak yakni, Mark, James, Kate, John, dan Max.

Disela kesibukan mengurusi bisnis, John tetap menaruh perhatian besar pada hobinya. Salah satunya kecintaan pada dunia seni.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×