Sila cicip lezatnya bolu dan strudel Farah Quinn

Jumat, 28 Juli 2017 | 09:05 WIB   Reporter: Klaudia Molasiarani
Sila cicip lezatnya bolu dan strudel Farah Quinn


JAKARTA. Bisnis oleh - oleh saat ini tengah booming di kalangan selebritis Tanah Air, tak terkecuali bagi chef Farah Quinn. Tak hanya berbisnis, perempuan yang lahir di Bandung ini memiliki misi untuk memberdayakan potensi lokal suatu daerah melalui bisnis yang dirintisnya.

Sekitar dua bulan yang lalu, Farah Quinn baru saja meluncurkan bisnis barunya berbahan baku buah apel di Kota Batu, Jawa Timur dengan merek Queen Apple.

"Sekarang kan bisnis oleh-oleh lagi tren, makanya saya ingin menciptakan tren oleh-oleh dengan jenis kue," ujarnya kepada KONTAN beberapa waktu lalu.

Bukan tanpa alasan perempuan kelahiran 8 April 1980 ini memilih Kota Batu sebagai tempat grand openingnya. Mulanya, dia ingin merintis sebuah bisnis makanan yang juga memberikan identitas tentang suatu daerah tempat oleh-oleh tersebut dijual.

"Saya enggak mau bikin oleh-oleh Malang, tetapi enggak pakai bahan-bahan dari Malang. Jadinya kan enggak nyambung. Kenapa dibilang oleh-oleh Malang, kalau produk yang saya buat enggak ada hubungannya sama daerah setempat," ungkapnya.

Nah, berbicara soal apel, kota yang memiliki suhu udara sejuk tersebut menjadi pilihannya. Jelas saja, Kota Batu dan Malang memang dikenal dengan kualitas apelnya yang baik. Lagipula, dengan memfokuskan bisnisnya di Kota Batu dan Malang, Farah juga ingin membantu para petani lokal dan memaksimalkan potensi daerah yang ada.

Produk Queen Apple berjenis bolu ini memiliki tiga varian rasa, yakni kayu manis, vanila, dan keju dengan crunchy topping di atasnya. "Kayu manisnya juga kayu manis yang dari Sumatera," ujarnya.

Tak hanya Queen Apple, saat Grand Opening kemarin, Farah juga meluncurkan produk lain dengan brand Queen Strudle. Menurutnya, strudle juga menjadi salah satu penganan yang disukai oleh masyarakat Malang.

Beberapa varian rasa strudle yang dibuatnya adalah pisang raja yang bahannya didapat dari Malang, Queen Strudle original, dan Queen Strudle Vla. "Dan kita mengambil buah-buahannya langsung dari petani yang ada di daerah kita,"ungkapnya.

Hingga saat ini, Farah Quinn mengaku sudah memiliki 9 outlet yang menjadi pusat penjualan kedua produk tersebut. Kesembilan outlet ini tersebar di daerah Batu dan Malang.

Meski mengangkat potensi lokal, penggunaan nama brand yang terdengar global menurutnya hanya untuk membuat masyarakat sadar bahwa produk tersebut dikonsep oleh seorang koki cantik Farah Quinn. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dessy Rosalina

Terbaru