kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sinopec dan Cheniere bakal teken transaksi US$ 16 miliar


Minggu, 19 Januari 2020 / 22:50 WIB
Sinopec dan Cheniere bakal teken transaksi US$ 16 miliar


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Sinopec bakal segera meninjau syarat kerja sama dengan pemasok gas alam cair asal Amerika Serikat Cheniere Energy Inc pascajatuhnya harga. Kerja sama bernilai US$ 16 miliar ini bakal menjadikan Sinopec sebagai pembeli utama Cheniere berikutnya.

Sinopec yang bernama resmi China Petroleum & Chemical Corp dan Cheniere yang berbasis di Houston diprediksi bakal teken kontrak 20 tahun setelah Amerika dan Cina sepakat berdamai ihwal perang dagang.

Baca Juga: Ant Financial bidik valuasi US$ 200 miliar

Transaksi ini juga diyakini bakal kembali menguatkan permintaan gas alam cair China dari Amerika. Apalagi setelah kedua negara juga telah teken kesepakatan pembelian energi fase pertama Rabu lalu.

Harga gas alam cair sejatinya memang telah bergeser sejak isu transaksi ini menyeruak awal tahun lalu. Pun perang dagang juga makin memperparah situasi, tak cuma pemasok asal Amerika, produsen asal Qatar, dan produsen lainnya juga ikut kena dampak. Makanya mereka memilih untuk membangun pabrik dan menyasar pasar ekspor baru.

Adapun tambahan pasokan produksi akibat transaksi ini diprediksi bakal terus menggerus harga, dan Sinopec pasti akan ambil kesempatan ini. sayang kedua perusahaan menolak berkomentar.

Sementara sumber Ruters menyatakan akibat harga gas alam Amerika yang telah merosot lebih dari setengahnya sejak 2018, para pihak mengakui butuh waktu lebih lama untuk meninjau kerja sama ini.

Baca Juga: AS-China capai kesepakatan dagang tahap I, ini saham komoditas rekomendasi analis

“Sinopec juga tengah bicara dengan pemasok lainnya dari Amerika Serikat. Belum jelas betul apa yang akan terjadi selanjutnya,” kata sumber Reuters lainnya.

Selain menilai termin kerja sama, Sinopec juga perlu melobi pemerintah Cina untuk menghapus atau memangkas tambahan tarif 25% yang bikin harga impor asal Amerika ke Cina sangat tak ekonomis.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×