kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Surat selamat tinggal CEO Yahoo menyentuh hati


Rabu, 14 Juni 2017 / 11:28 WIB
Surat selamat tinggal CEO Yahoo menyentuh hati


Sumber: CNBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

SAN FRANCISCO. Masa jabatan Marissa Mayer sebagai CEO Yahoo akhirnya berakhir. Hal ini menyusul pengumuman Verizon pada Selasa (13/6), bahwa pihaknya sudah menyelesaikan proses akuisisi perusahaan internet tersebut.

Mayer beberapa waktu lalu mempublikasikan surat ucapan selamat tinggalnya di Tumblr, yang merefleksikan perjalanannya selama lima tahun di Yahoo.

Berikut adalah isi surat Mayer kepada karyawannya:

Nostalgia, Bersyukur & Optimisme

Transaksi Yahoo-Verizon ditutup pada pagi ini. Ini adalah email yang saya kirim ke perusahaan, melihat kembali perjalanan 5 tahun dan sejarah perusahaan secara keseluruhan.

*******************************

323 hari yang lalu, kami mengumumkan bahwa Verizon akan mengakuisisi bisnis operasional Yahoo. Hari ini, saya bisa mengumumlan bahwa transaksi sudah ditutup secara resmi. Untuk mencapai momen ini menempuh jalan yang sangat panjang, ini menandakan berakhirnya era Yahoo, juga dimulainya chapter baru - ini merupakan waktu yang sangat emosional bagi kami semua. Mengingat adanya perubahan pada peran saya, saya akan meninggalkan perusahaan. Meski demikian, saya ingin kalian semua mengetahui bahwa saya dipenuhi dengan nostalgia, rasa syukur, dan optimisme.

Menjadi kehormatan dan keistimewaan tersendiri untuk menjadi bagian dari tim ini selama lima tahun terakhir. Bersama-sama, kita telah membangun, melakukan inovasi, memperkuat, dan melakukan modernisasi terhadap produk kita, bisnis kita, dan perusahaan kita.

Melihat kembali masa-masa saya selama berada di Yahoo, kita telah menghadapi banyak sekali tantangan bisnis, bersama dengan banyak tikungan dan turunan yang mengejutkan. Saya melihat tim Yahoo melewati rintangan dan gunung ini dengan cara yang tidak hanya membuat Yahoo menjadi perusahaan yang lebih baik, tapi juga membuat kita semua jauh lebih kuat. Selama 5 tahun terakhir ini, kita telah mengembangkan produk yang menyenangkan pengguna, fokus pada bisnis klien, memberikan nilai penting bagi para pemegang saham kita, dan berusaha menjadikan Yahoo tempat terbaik untuk bekerja. Saya ingin meluangkan waktu sejenak untuk mengingatkan kembali beberapa dari banyak prestasi kita capai bersama. Mereka luar biasa, dan kita semua harus berbangga hati.

Kepada pengguna: Kami telah meningkatkan produk kami menjadi lebih modern dan mengikat, khusunya untuk mobile.

* Kami telah menjadi 1 dari 3 perusahaan internet di dunia dengan lebih dari 1 miliar pengguna per bulan

* Pengguna mobile bulanan kami tumbuh menjadi lebih dari 650 juta (salah satu terbesar di dunia) dengan meluncurkan dan memperbaiki produk kami untuk perangkat mobile

* Kami secara dramatis fokus pada strategi produk, dengan memberikan 150+ ragam produk dan fitur

* Kami menginvestasikan pada mesin pencari, membangun penawaran yang memanfaatkan kekuatan dari Microsoft, Google dan Yahoo, untuk memberikan penelusuran yang ditingkatkan secara drastis kepada pengguna kami dan menarik kemitraan yang menguntungkan, seperti Mozilla

* Secara fundamental kami memperbaiki Yahoo Mail, benar-benar menulis ulang sebagian besar infrastruktur untuk menyediakan sistem yang jauh lebih fleksibel dan andal, sekaligus menciptakan penawaran seluler yang hebat. Mobile Mail baru saja melampaui desktop Mail dalam  penggunaan harian, yang menunjukkan kekuatan produk dan platform yang kami ciptakan kembali

* Kami berinvestasi pada homepage dan key vertical - berita, olahraga, keuangan, dan gaya hidup. Dan, mereka telah menemukan hal-hal baru berikut di ponsel melalui aplikasi Yahoo, Yahoo Finance, Yahoo Sports, dan Yahoo Fantasy. Sulit dipercaya, namun pada tahun 2012, kami tidak memiliki salah satu dari 4 aplikasi tersebut di iOS atau Android, kami tidak mengembangkan aplikasi asli, dan kami tidak menggunakan merek yang dicari ini di luar desktop. Saat ini, pengguna kami secara kolektif menghabiskan waktu setara dengan 1.400 tahun untuk produk ini SETIAP HARI.

* Kami memperkuat pertahanan keamanan kami dengan inisiatif lintas perusahaan seperti SSL, HTML5, Account Key, dan HTTPS

* Kami berkomitmen dan berinvestasi dalam keunggulan teknis dalam arsitektur kami, mengurangi insiden yang berdampak kepada pengguna hingga lebih dari setengahnya selama 5 tahun terakhir.

* Kami memenangkan 2 Apple Design Awards pada tahun 2013 dan 2014, dan menempatkan disain produk terpadu di depan dan di pusat dengan Fuji

Kepada para pengiklan: Kami sudah membangun kembali bisnis iklan kami sepenuhnya, dengan mengedepankan klien

* Kami membangun kembali teknologi iklan Yahoo di area iklan digital yang paling cepat berkembang - mobile, video, native, dan social (the Mavens)

* Kami mengirimkan US$ 2 miliar + di Mavens GAAP Revenue tahun lalu (42% dari pendapatan Yahoo!) Naik 10x dari US$ 200 juta di tahun 2012 dan pada nol di tahun 2011

* Pendapatan GAAP mobile kami tahun lalu hampir US$ 1,5 miliar, menjadikan kami salah satu platform iklan seluler terbesar di dunia

* Kami mempelopori iklan asli dan penelusuran lewat Yahoo Gemini, sepenuhnya dari nol, sekarang menghasilkan sudah menghasilkan lebih dari US$ 1 miliar pendapatan setiap tahunnya

* Kami mengakuisisi BrightRoll dan Flurry untuk menghasilkan pendapatan baru yang substansial di area yang selaras dengan area pertumbuhan strategis video dan seluler kami

* Kami secara dramatis merampingkan rangkaian produk iklan kami, memperbaiki fungsi lelang dan exchanges, dan membuat format iklan kami bekerja lebih baik bagi pengiklan sekaligus meningkatkan desain produk kami

Kepada pemegang saham kami: Saham Yahoo sudah menembus level tertinggi 17 tahun, naik tiga kali lipat sejak Juli 2012

* Kami mengamati terciptanya kapitalisasi market dan nilai pemegang saham senilai US$ 45 miliar. Kapitalisasi pasar mengalami perubahan dari US$ 18 miliar menjadi US$ 53 miliar (meningkatkan valuasi kami sebesar US$ 35 miliar), sementara kami mengembalikan hampir US$ 10 miliar tunai kepada pemegang saham.

* Kami membeli kembali 27% saham kami yang beredar dengan harga rata-rata US$ 28,64. Skala pembelian kembali ini hampir belum pernah terjadi sebelumnya dalam ukuran, efisiensi dan pertambahannya.

* Kami menegosiasikan kemampuan untuk mempertahankan 122 juta saham tambahan Alibaba setelah IPO. Saat ini, saham tersebut memberi tambahan nilai US$ 9 miliar di luar harga IPO.

* Kami menghasilkan lebih dari US$ 800 juta uang tunai dengan melisensikan dan menjual paten non-inti dan real estat

* Kami membangun kembali Yahoo dengan tenaga kerja paling efisien dan beroperasi dengan struktur biaya terendah dalam lebih dari satu dekade terakhir

Kepada para karyawan: Kita telah membantu menghidupkan budaya terbaik Yahoo

* Kita meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan inovasi dengan FYI, Corporate Goals, PB&J, dan Hackdays

* Kita mengembangkan benefit termasuk makanan gratis, memperpanjang masa cuti melahirkan dan cuti ayah,  mendorong penggunaan produk Yahoo dengan menyediakan smartphone untuk karyawan

* Kami memprioritaskan pemberdayaan kepemimpinan, keragaman & inklusi, dan memberikan kembali lewat Yahoo for Good

* Kami dengan cara yang strategis mengasah kembali tenaga teknis dan penjualan, dengan tenaga kerja yang menjadi 48% teknologi dan 25% penjualan

Seiring saya melihat kembali pencapaian tersebut, saya dengan tulus ingin mengucapkan terima kasih untuk setiap karyawan Yahoo, di masa lalu dan saat ini, untuk kontribusi kalian baik yang kecil maupun besar. Saya sangat bersyukur untuk segala kerja keras dan pengorbanan yang telah kalian berikan. Kita selalu ingin melakukan hal yang baik bagi pengguna, pengiklan, pemegang saham, dan partner Yahoo. Ini menjadikan tim kerja yang sangat mengesankan, inovatif, dan kompak dari yang pernah saya alami. Bekerja dengan kalian telah membuat masa saya bekerja sebagai CEO menjadi keistimewaan yang singkat.

Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada pendiri kita, Filo dan Jerry. Setiap mimpi liar pengusaha adalah mengubah dunia dengan ide mereka, dan kalian telah berhasil melakukannya. Sejak hari pertama, kalian telah sangat membantu menciptakan salah satu perusahaan istimewa di sepanjang sejarah - perusahaan yang mempekerjakan lebih 175.000 orang, menghasilkan pendapatan lebih dari US$ 77 miliar, dan telah menginformasikan, menghubungkan, dan menghibur sebagian besar manusia dunia. kalian telah menginspirasi kita semua dengan otak brilian, nilai, gairah, dan saya selamanya berutang kepada kalian dan saya juga akan tetap menjadi fans terberat kalian :-)




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×