kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkat pengangguran AS di level terendah 7 tahun


Jumat, 03 Juli 2015 / 12:59 WIB
Tingkat pengangguran AS di level terendah 7 tahun


Sumber: money.cnn | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

NEW YORK. Cuaca di Amerika sudah mulai hangat. Demikian pula dengan perekonomian mereka.

Berdasarkan data yang dirilis pemerintah AS pada Kamis (2/7), tingkat pengangguran AS jatuh ke level 5,3%. Ini merupakan level terendah sejak April 2008 lalu. Bahkan angka ini lebih baik daripada prediksi sejumlah ekonom. Bisa dikatakan, tingkat pengangguran AS kembali ke level sebelum krisis finansial terjadi.

Perekrutan tenaga kerja tampak meningkat. Asal tahu saja, pada Juni lalu, terdapat sekitar 223.000 lapangan kerja baru di Amerika. Angka tersebut hanya sedikit lebih rendah dibandingkan prediksi ekonom yang disurvei CNNMoney sebanyak 235.000 tenaga kerja.

Meski demikian, masih ada satu pertanyaan besar yang menjadi ganjalan. Bagaimana dengan pertumbuhan tingkat upah? Jika dirata-rata, tingkat upah rata-rata pegawai AS per jam hanya naik 2% pada Juni. Angka ini jauh dibawah target ekonomi yang sehat, yakni 3,5% atau lebih.

Ada juga kekhawatiran mengenai tingkat partisipasi tenaga kerja yang mengukur seberapa banyak warga Amrik yang memiliki pekerjaan atau mencari pekerjaan. Pada Juni 2015 lalu, tingkat partisipasi tenaga kerja AS menyentuh level terendah dalam 37 tahun terakhir. Itu artinya, banyak warga AS yang tidak bekerja atau menyerah dalam mencari pekerjaan.

Meski demikian, penguatan data tenaga kerja AS pada Juni merupakan awal dari perekonomian AS di musim panas. Amerika menjadi mesin penggerak ekonomi dunia tahun ini, saat ekonomi sejumlah negara lain mengalami perlambatan.

Setelah menunggu beberapa tahun, The Federal Reserve dapat menaikkan tingkat suku bunga acuan mereka pada September untuk kali pertama sejak 2006. Langkah ini akan menjadi sinyal sehat bagi ekonomi AS dari masa great ressesion.

"Saya sangat bullish dengan pertumbuhan tenaga kerja AS di sisa tahun ini," kata Joe Huddle, Executive Vice President DHR International.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×