: WIB    --   
indikator  I  

Utang Trump mencapai US$ 315 juta

Utang Trump mencapai US$ 315 juta

WASHINGTON. Sebagai Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump tak bisa lari dari kewajiban pembayaran utang. Menurut laporan Kantor Etika Pemerintah AS, Trump memiliki kewajiban utang alias liabilitas pribadi setidaknya sebesar US$ 315,6 juta di 2017 atau setara 246,74 juta.

Reuters melaporkan, dokumen yang berisi 98 halaman mengungkapkan Trump setidaknya harus membayar utang senilai US$ 130 juta kepada Deutsche Bank Trust Company Americas. Utang kepada perusahaan asal Jerman itu di antaranya dari transaksi US$ 50 juta untuk pembelian Old Post Office yakni properti bersejarah di Washington yang disulap menjadi hotel.

Tumpukan utang Trump lainnya adalah kewajiban utang setidaknya US$ 110 juta kepada Ladder Capital Corp. Trump meminjam dana tersebut untuk kebutuhan bisnis utama Trump yakni pembelian real estate komersial dan gedung perkantoran di di New York, Los Angeles dan Boca Raton, Florida.

Presiden AS sekaligus konglomerat ini sejatinya tak kesulitan untuk membayar kewajiban utang. Pasalnya, Trump melaporkan pendapatan pribadi minimal US$ 594 juta untuk 2016. Pendapatan Trump naik dua kali lipat menjadi US$ 1,4 miliar di awal tahun 2017.

Pemasukan naik

Komponen terbesar pendapatan Trump berasal dari resor golf dari Trump National Doral di Miami senilai US$ 115,9 juta di tahun lalu atau turun 12,87% dibandingkan posisi pendapatan senilai US$ 132 juta di tahun sebelumnya.

Sedangkan penghasilan dari hotel dan resor lainnya sebagian besar tetap stabil. Misalnya, Trump Corporation selaku perusahaan yang mengelola real estate mencatat perolehan pendapatan senilai US$ 18 juta.

Mar-a-Lago menyumbang pendapatan sebesar US$ 37,25 juta, serta pendapatan dari hotel Washington yang terbaru sebesar US$ 20 juta. Tak hanya hotel, Presiden AS ini juga memperoleh pendapatan dari bisnis program televisi.

Sebut saja, Trump memperoleh pendapatan senilai US$ 11 juta dari penjualan kontes kecantikan Miss Universe di tahun 2015. Kemudian, pendapatan dari acara TV The Apprentice senilai US$ 1,1 juta.

"Presiden Trump menyambut baik kesempatan untuk secara sukarela mengajukan formulir pengungkapan keuangan pribadinya," kata Gedung Putih seperti yang dikutip Reuters, Sabtu (17/6).


Reporter Nina Dwiantika
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

DONALD TRUMP

Feedback   ↑ x
Close [X]