kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,69   -8,68   -0.88%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett: Jangan berinvestasi dengan cara ini atau hasilnya akan lebih buruk


Minggu, 06 Desember 2020 / 04:35 WIB
Warren Buffett: Jangan berinvestasi dengan cara ini atau hasilnya akan lebih buruk
ILUSTRASI. Warren Buffett: Jangan berinvestasi dengan cara ini atau akan dapat hasil lebih buruk dari rata-rata.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett adalah investor legendaris yang berhasil mengubah investasi awal di sebuah perusahaan tekstil di New England menjadi portofolio bernilai miliaran dolar AS.  Namun dalam banyak nasihatnya, Buffett sebenarnya menyarankan Anda untuk melakukan apa yang dia katakan dan bukan apa yang Buffett lakukan.

Mengapa? Bagi Buffett, dia adalah investor aktif. Dalam arti, Buffett rajin memilih dan memilih saham individu yang dianggapnya sebagai investasi yang menarik. Jika Anda ingin meniru Buffett, Anda dapat membeli portofolio saham individual Anda sendiri. Tapi Buffett mengatakan ini sebenarnya bukan ide yang bagus.

Itu karena, tidak seperti Oracle of Omaha, Anda mungkin tidak mencurahkan waktu Anda untuk menyelami riset investasi sementara Buffet melakukannya. Anda dapat mengambil pendekatan aktif lainnya dan berinvestasi dalam reksa dana yang dikelola secara aktif yang dipimpin oleh manajer yang membangun portofolio yang dirancang untuk mengungguli pasar. Tapi Buffett juga tidak menyarankan hal itu.

"Investasi aktif secara keseluruhan pasti akan menghasilkan hasil yang lebih buruk dari rata-rata," kata Buffett dalam wawancara 2016 dengan CNBC seperti dikutip dari Grow.acorns.com yang dirilis 2 Desember 2020.

Baca Juga: Indikator Warren Buffett soal kejatuhan pasar saham mulai terlihat jelas

Sebaliknya, katanya, investor harus membeli investasi pasif, yang berusaha meniru kinerja indeks pasar. Dengan memegang, katakanlah, reksadana atau dana yang diperdagangkan di bursa yang melacak S&P 500, Anda kemungkinan besar akan lebih unggul dari rekan-rekan Anda seiring waktu, demikian pemikiran Buffett.

Seperti yang sering terjadi, angka-angka tersebut mendukung argumen Buffett. Baca terus untuk mengetahui tiga alasan cerdas untuk lebih menyukai investasi pasif daripada strategi aktif.

Mengalahkan pasar itu sulit, bahkan untuk para profesional

Jika Anda memiliki reksadana aktif, Anda mungkin melihat hasil yang mengalahkan pasar dalam jangka pendek. Namun seiring berjalannya waktu, sulit bagi pengelola reksadana untuk mengikutinya. Dalam rentang waktu 15 tahun yang berakhir pada 2019, hanya 37% reksadana yang diinvestasikan di saham AS, yang rata-rata melampaui indeks acuan mereka pada tahun tertentu, menurut Morningstar.

Tapi itu hanya pengelola reksadana. Bagaimana dengan orang-orang yang mengelola dana lindung nilai, kendaraan investasi untuk orang kaya uber? Ternyata, mereka tidak jauh lebih baik, seperti yang ditunjukkan oleh Buffett sendiri.

Pada tahun 2008, Buffett menantang industri hedge fund untuk mengungguli S&P 500 selama dekade berikutnya (termasuk biaya investor - akan dibahas lebih lanjut sebentar lagi). Manajer aset Protégé Partners menerima taruhan US$ 1 juta dolar, mengadu portofolio dana lindung nilai dengan S&P 500 ETF. Mereka kebobolan pada 2017, sebelum hasil akhirnya masuk.

Baca Juga: Kisah sukses CEO JPMorgan Jamie Dimon yang terinspirasi dari kakeknya




TERBARU

[X]
×