kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

1.000 jamaah telah tiba di Mina untuk menjalankan ibadah haji


Rabu, 29 Juli 2020 / 15:41 WIB
1.000 jamaah telah tiba di Mina untuk menjalankan ibadah haji


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JEDDAH. Sekitar 1.000 jamaah berkumpul di Lembah Mina di luar Mekah pada hari Rabu untuk memulai perjalanan spiritual mereka seumur hidup. Hari Tarwiyah (mengambil air) menandai awal haji. Tidak ada ritual besar, sehingga para peziarah akan menghabiskan waktu mereka berdoa dan merenung sampai matahari terbit pada hari Kamis.

Mina, 7 km timur laut dari Masjidil Haram di Mekah dan dalam batas-batasnya, biasanya akan menjadi situs kota tenda terbesar di dunia, menampung sekitar 2,5 juta peziarah. Namun, partisipasi haji dibatasi tahun ini untuk mengekang penyebaran pandemi virus corona. Para jamaah yang menjalankan haji semua warga Saudi atau ekspatriat yang tinggal di Arab.

Mereka yang dipilih untuk ambil bagian dalam haji tahun ini dikenakan pemeriksaan suhu dan ditempatkan di karantina ketika mereka mulai tiba di Mekah, dan petugas kesehatan membersihkan barang-barang mereka.

Baca Juga: Jelang ibadah haji, Masjidil Haram pastikan semua persiapan sudah final

Staf kesehatan dan keselamatan dengan disinfektan membersihkan area di sekitar Ka'bah, struktur di tengah Masjid al-Haram yang dibungkus kain bersulam emas, arah umat Muslim di seluruh dunia berdoa.

Otoritas haji telah menutup Kabah tahun ini, dan jamaah tidak akan diizinkan untuk menyentuhnya, untuk membatasi kemungkinan infeksi. Mereka juga telah mendirikan pusat kesehatan khusus, klinik keliling dan ambulans untuk merawat para peziarah, yang akan diminta untuk mengenakan masker dan mengamati jarak sosial.

Semua jamaah diharuskan untuk dites Covid-19 sebelum mereka tiba di Mekah, dan mereka akan dikarantina setelah haji. Mereka diberi perlengkapan kenyamanan yang mencakup kerikil yang sudah disterilkan untuk ritual lempar Jamarat, disinfektan, masker, sajadah dan ihram, pakaian putih mulus yang dikenakan oleh para peziarah.

"Tidak ada masalah terkait keamanan dalam ziarah ini, tetapi itu untuk melindungi peziarah dari bahaya pandemi," kata Khalid bin Qarar Al-Harbi, direktur keamanan publik Arab Saudi dikutip dari Arab News.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×