kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Peringatan terbaru WHO terkait Covid-19, sila disimak


Kamis, 13 Agustus 2020 / 07:13 WIB
4 Peringatan terbaru WHO terkait Covid-19, sila disimak
ILUSTRASI. WHO memberikan sejumlah peringatan terkait penyebaran Covid-19. REUTERS/Denis Balibouse


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Tak dapat dipungkiri, ancaman virus corona atau Covid-19 masih mengintai dunia. Data yang dirilis real time Worldometers menunjukkan, total infeksi virus corona pada Rabu (12/8/2020) sebanyak 20.521.644 kasus global, dengan 13.441.743 pasien sembuh, dan 745.918 orang meninggal dunia. 

Guna menekan penyebaran Covid-19, Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) terus memberikan sejumlah peringatan secara global terkait sejumlah hal yang berkaitan dengan virus corona. 

Berikut sejumlah peringatan WHO terkait Covid-19: 

1. Tunda rutinitas pemeriksaan gigi 

WHO baru-baru ini memberikan warning terkait penundaan perawatan gigi rutin karena risiko Covid-19. Dilansir dari Straits Times, (12/8/2020), meskipun saat ini tidak ada data mengenai penyebaran virus corona dari tindakan dokter gigi, namun penelitian lebih lanjut mengungkapkan prosedur umum yang menghasilkan partikel kecil yang mengambang berpotensi menyebabkan infeksi jika terhirup. 

Baca Juga: Heboh soal vaksin Covid-19 pertama dari Rusia, begini reaksi dunia

Potensi tersebut termasuk berasal dari semprotan udara/air tiga arah, peralatan pembersih ultrasonik yang menghasilkan endapan dari permukaan gigi, dan pemolesan gigi. 

"Panduan WHO merekomendasikan dalam kasus penularan komunitas untuk memprioritaskan kasus oral yang mendesak atau darurat, untuk menghindari atau meminimalkan prosedur yang dapat menghasilkan aerosol, memprioritaskan serangkaian intervensi klinis yang dilakukan dengan menggunakan instrumen dan tentu saja untuk menunda rutinitas yang tidak penting. perawatan kesehatan mulut," ujar petugas gigi WHO, Benoit Varenne. 

Baca Juga: Rusia berhasil ciptakan vaksin corona, Amerika Serikat tempuh jalur ini

Ia menambahkan, kemungkinan Covid-19 ditularkan melalui aerosol, partikel mikro atau partikel udara. Menurutnya, fasilitas gigi harus memiliki ventilasi yang memadai untuk mengurangi risiko penyebaran virus dalam pengaturan tertutup Meski begitu, hal ini masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikannya. 




TERBARU

[X]
×