kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,69   4,34   0.47%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​5 Negara terkaya di dunia, 2 di antaranya di Asia Tenggara


Rabu, 14 Oktober 2020 / 20:18 WIB
​5 Negara terkaya di dunia, 2 di antaranya di Asia Tenggara
ILUSTRASI. Daftar 5 negara terkaya di dunia ternyata justru dihuni oleh negara-negara yang tidak memiliki luas wilayah besar.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Daftar 5 negara terkaya di dunia ternyata justru dihuni oleh negara-negara yang tidak memiliki luas wilayah besar. Dua di antaranya ada di Asia Tenggara.

Beberapa negara kecil tetapi kaya mendapatkan keuntungan karena memiliki sektor keuangan dan rezim pajak yang canggih untuk menarik investasi asing dan pekerja profesional masuk ke wilayahnya. 

Dari daftar 5 negara terkaya di dunia, tiga negara di antaranya berada di Asia. Sementara dua negara dari daftar tersebut berada di kawasan Asia Tenggara. 

Ada beberapa hal yang membuat suatu negara diberi julukan sebagai negara terkaya di dunia. Misalnya, dari pendapatan per kapita penduduk hingga pendapatan domestik bruto (PDB).

Baca Juga: Bahrain mengizinkan penerbangan UEA-Israel melintasi wilayah udaranya

Daftar 5 negara terkaya di dunia

Dirangkum dari Global Finance, berikut daftar 5 negara terkaya di dunia:

1. Qatar


Qatar masuk dalam daftar 5 negara terkaya di dunia

Negara di Timur Tengah ini menjadi negara terkaya pertama di dunia dengan PDB mencapai US$ 132.886. 

Sumber kekayaan Qatar adalah cadangan minyak dan gas serta petrokimia negara itu yang begitu besar, arsitektur ultramoderen, pusat perbelanjaan mewah, juga kuliner yang mampu menarik investor maupun turis mancanegara untuk datang. 

Sementara jumlah penduduknya sangat sedikit, hanya 2,8 juta orang. Ini membuat Qatar berhasil menduduki puncak daftar negara terkaya di dunia selama 20 tahun. 

Meski demikian, Qatar juga termasuk salah satu negara yang terdampak pandemi virus corona baru, dengan lebih dari 100.000 kasus positif terkonfirmasi. 

Namun, yang mengejutkan, perekonomian Qatar diproyeksikan akan terus tumbuh dalam jangka menengah di tengah peningkatan produksi gas dan investasi menjelang Piala Dunia 2022. 

Baca Juga: Daftar 100 negara teraman dari Covid-19, Indonesia berada di peringkat 97




TERBARU

[X]
×