kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akan IPO di Hong Kong, Shenwan Hongyuan incar dana US$ 1,3 miliar


Kamis, 11 April 2019 / 20:10 WIB
Akan IPO di Hong Kong, Shenwan Hongyuan incar dana US$ 1,3 miliar


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Shenwan Hongyuan Group, perusahaan pialang terbesar di China dari sisi market value, akan melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) di bursa Hong Kong. Shenwan membidik dana maksimal HK$ 9,8 miliar atau US$ 1,3 miliar dari IPO.

Bloomberg melaporkan, perusahaan ini akan melepas 2,5 miliar saham dengan target harga sekitar HK$3,63 - HK$ 3,93 per lembar saham. Itu berdasarkan persyaratan kesepakatan yang diperoleh Bloomberg.

IPO Shenwan senilai US$ 1,3 miliar tersebut akan menjadi IPO terbesar di bursa Hongkong tahun ini di tengah kondisi awal tahun yang relatif lambat.

Sepanjang tahun ini, total dana IPO yang dihimpun sejumlah perusahaan di Bursa Hong Kong baru mencapai US$ 2,7 miliar. Itu lebih rendah dari periode sama tahun lalu yang tercatat sebesar US$ 3,1 miliar.

Terdapat 13 investor utama sudah setuju untuk menyerap penawaran saham Shenwan senilai US$ 829 juta atau 69% dari total saham yang akan ditawarkan.

Unit bisnis asset management Industrial and Commercial Bank of China Ltd telah setuju berinvestasi senilai US$ 300 juta. Sementara Huaxia Life Insurance Co akan membeli US$ 100 juta saham IPO Shenwan. China Life Insurance (Group) Co dan China Reasuransi (Group) Corp juga termasuk di antara investor strategis tersebut.

Berdasarkan prospektus awal yang sudah diterbitkan, Shenwan Hongyuan berencana menggunakan sebagian dari dana IPO tersebut untuk mengembangkan bisnis sekuritas dan bisnis internasional, serta melakukan investasi pokok.

Saham perusahaan pialang yang terdaftar di bursa Shenzhen melonjak 14% pada tahun lalu. Sementara Indeks CSI 300 naik 3,4% selama periode yang sama.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×