kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akibat covid-19, utang perusahaan-perusahaan global semakin menggunung


Senin, 13 Juli 2020 / 15:39 WIB
Akibat covid-19, utang perusahaan-perusahaan global semakin menggunung
ILUSTRASI. FILE PHOTO: A picture illustration of U.S. dollar, Swiss franc, British pound and Euro bank notes January 26, 2011. REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - LONDON. Perusahaan-perusahaan di seluruh dunia tercatat akan mengambil sebanyak US$ 1 triliun kredit baru pada tahun 2020, untuk menopang kinerja keuangan akibat terhambat pandemi Covid-19.

Melansir Reuters, Senin (13/6) sebuah studi memperkirakan ada sedikitnya 30 perusahaan besar yang akan melakukan pinjaman.

Studi yang sama juga mengatakan bakal ada peningkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Diperkirakan total utang perusahaan global akan melonjak hingga 12% secara year on year (yoy) menjadi sekitar US$ 9,3 triliun.

Baca Juga: Jack Ma lego sahamnya di Alibaba senilai Rp 139,2 triliun

Data ini menambah akumulasi semakin banyaknya perusahaan yang punya hutang segunung, dengan nilai hampir mendekati hutang negara menengah.

Sebenarnya, tahun lalu pun utang perusahaan global telah mengalami kenaikan tajam sebesar 8% yoy, hal ini didorong ramainya aksi merger dan akuisisi, serta pinjaman perusahaan-perusahaan untuk keperluan pembelian saham kembali (buy back) dan dividen.

Tetapi, lompatan utang di tahun ini berbeda, lantaran pandemi Covid-19 dipastikan bakal menggerus laba. "COVID telah mengubah segalanya," kata Seth Meyer, manajer portofolio di Janus Henderson, perusahaan analisa utang perusahaan baru.

"Sekarang ini tentang strategi pemanfaatan modal dan membangun neraca yang lebih sehat," imbuhnya.

Baca Juga: Warren Buffett & para investor bunyikan alarm akan kehancuran pasar yang lebih besar

Perusahaan yang menggalang dana dari pasar obligasi sejak bulan Januari-Mei 2020 sudah mencapai US$ 384 miliar. Meyer memperkirakan bahwa beberapa minggu terakhir total penerbitan utang telah mencapai rekor baru, tentu dengan bumbu bunga lebih tinggi namun punya risiko yang tinggi.

Pasar pinjaman telah ditutup untuk semua perusahaan-perusahaan dengan rating tertinggi pada bulan Maret 2020, tetapi sekarang dibuka lebar oleh program pembelian utang dari bank-bank sentra seperti Federal Reserve AS, Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Jepang.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×