kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akuisisi Price Chopper, Albertsons siapkan US$ 1 M


Kamis, 01 Desember 2016 / 12:32 WIB
Akuisisi Price Chopper, Albertsons siapkan US$ 1 M


Sumber: Reuters | Editor: Rizki Caturini

NEW YORK. Albertsons Inc, perusahaan jaringan supermarket di Amerika Serikat (AS) sedang bernegosiasi untuk membeli Price Chopper. Demi mencaplok Price Chopper, Albertsons telah mengajukan harga penawaran senilai US$ 1 miliar.

Sama seperti Albertsons, Price Chopper merupakan operator gerai supermarket yang juga berasal dari AS. Seperti diberitakan Reuters, Selasa (29/11) mengutip informasi dari salah satu sumbernya, aksi tersebut merupakan bagian dari konsolidasi perusahaan perusahaan ritel tradisional di AS.

Konsolidasi ini penting, untuk menghadapi ketatnya persaingan dengan peritel lain yang lebih modern. Sebut saja toko online Amazon.com, peritel raksasa Wal Mart Stores Inc, dan pengelola supermarket dengan ragam diskon, Aldi Inc.

Ketatnya persaingan di industri pedagang ritel, menyebabkan tekanan yang cukup besar bagi konglomerasi keluarga Golub, yang telah menjalankan bisnis Price Chopper selama lebih dari delapan dekade.

Sejarah Price Chopper dimulai saat Lewis Golub, seorang imigran Rusia tiba di Pulau Ellis, New York pada tahun 1900. Sejak tahun 1922, Golub memulai bisnis toko grosir, dibantu keluarganya. Dan pada tahun 1932, ditangan kedua anaknya, Price Chopper berkembang menjadi jaringan bisnis supermarket yang kala itu berkembang cukup pesat.

Saat dikonfirmasi Reuters, baik manajemen Albertsons maupun Price Chopper menolak untuk menanggapi kabar transaksi tersebut. Price Chopper saat ini mengoperasikan 130 toko di wilayah Timur AS, yang meliputi New York, Connecticut, dan Massachusetts.

Pada awal tahun 2016, telah terjadi pergantian kepemimpinan di tubuh Price Chopper. Scott Grimmett telah ditunjuk oleh pemegang saham untuk Jerry Golub sebagai Chief Executive Officer (CEO). Dari aksi tersebut, Grimmett merupakan orang pertama diluar keluarga besar Golub yang menduduki posisi tertinggi dalam pengoperasian Price Chopper sejak perusahaan tersebut berdiri.

Albertsons yang dikuasai Cerberus Capital Management punya 2.200 supermarket. Albertsons adalah yang terbesar kedua di AS setelah Kroger Co. Tahun 2015, Albertsons merger dengan Pleasanton senilai US$ 9,2 miliar.
 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×