kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Alphabet umumkan pendapatan iklan di bisnis YouTube dan cloud untuk pertama kalinya


Selasa, 04 Februari 2020 / 11:54 WIB
Alphabet umumkan pendapatan iklan di bisnis YouTube dan cloud untuk pertama kalinya
ILUSTRASI. Google mengumumkan angka di bisnis YouTube dan cloud-nya untuk pertama kalinya dalam laporan pendapatan kuartal keempat 2019. REUTERS/Dado Ruvic/File Photo


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Google mengumumkan angka untuk di YouTube dan cloud-nya untuk pertama kalinya dalam laporan pendapatan kuartal keempat 2019 hari Senin waktu setempat. Tetapi pengungkapannya terbatas sehingga sulit untuk mengukur profitabilitas untuk bisnis-bisnis tersebut.

Dikutip dari CNBC, Iklan YouTube menghasilkan pendapatan US$ 15,15 miliar pada tahun fiskal 2019, dengan US$ 4,72 miliar pada kuartal keempat saja. Segmen ini menghasilkan US$ 11,16 miliar dalam pendapatan pada tahun 2018, termasuk US$ 3,61 miliar pada kuartal keempat tahun itu. Segmen ini tidak termasuk pendapatan non-iklan YouTube, seperti langganan untuk TV YouTube, yang termasuk dalam segmen pendapatan Google lainnya.

Baca Juga: Seberapa besar dampak wabah virus corona memukul bisnis korporasi besar dunia?

Ruth Porat, CFO Google dan perusahaan induk YouTube Alphabet, mengatakan pendapatan non-iklan YouTube mencapai tingkat penjualan US$ 3 miliar pada kuartal keempat. 

Seorang juru bicara Google menolak untuk mengatakan berapa persen dari pendapatan iklan YouTube untuk penciptanya, membuatnya sulit untuk mengukur seberapa menguntungkan sebenarnya, meskipun ada pertumbuhan yang mengesankan dalam pendapatan iklan selama dua tahun terakhir.

Bisnis cloud Google menghasilkan US$ 8,92 miliar pendapatan pada tahun fiskal 2019, dengan US$ 2,61 miliar dihasilkan pada kuartal keempat. Itu dibandingkan dengan pendapatan 2018 sebesar US$ 5,84 miliar untuk bisnis cloud, dengan US$ 1,71 miliar yang dihasilkan pada kuartal keempat tahun itu.

Baca Juga: Visa dan Mastercard berpotensi punya nilai pasar US$ 1 triliun

Para analis telah lama meminta Google untuk melaporkan penghasilan YouTube secara terpisah, karena dianggap sebagai bagian penting dari bisnis periklanannya. Untuk menempatkan pendapatan YouTube dalam perspektif perusahaan media lain, ia menghasilkan lebih banyak dari iklan pada 2018 daripada Discovery, yang melaporkan pendapatan tahunan US$ 10,6 miliar dibandingkan dengan US$ 11,16 miliar YouTube. Discovery belum melaporkan hasil 2019 setahun penuh.

Bisnis cloud Google adalah segmen bisnis yang lebih muda namun tumbuh cepat dengan ambisi untuk mengambil Amazon Web Services (AWS) dan Microsoft Azure. Pada bulan Juli, Google mengatakan unit cloud-nya baru saja mencapai US$ 8 miliar dalam pendapatan tahunan dan berencana untuk melipatgandakan tenaga penjualannya selama beberapa tahun ke depan.




TERBARU

[X]
×