kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

American International Group (AIG) raup laba bersih US$ 1,39 miliar kuartal I-2019


Selasa, 07 Mei 2019 / 19:43 WIB
American International Group (AIG) raup laba bersih US$ 1,39 miliar kuartal I-2019


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan Asuransi American International Group Inc (AIG) berhasil membukukan laba underwriting pada kuartal pertama 2019. Hal itu lantaran bisnis asuransi umum perusahaan sukses membukukan keuntungan untuk pertama kalinya sejak krisis keuangan di AS.

Mengutip Reuters, Selasa (7/5), AIG berhasil mencatatkan laba bersih yang disesuaikan sebesar US$ 1,39 miliar atau US$ 1,58 per saham pada kuartal pertama 2019. Capaian itu naik dari US$ 963 juta atau US$ 1,04 per saham sepanjang tahun lalu.

Perolehan kinerja perusahaan asuransi itu mengalahkan prediksi analis sebelumnya. Data Refinitiv, analis hanya memproyeksikan laba bersih AIG mencapai US$ 1,06 per saham.

Saham perusahaan itu langsung melesat lebih dari 6% setelah Brian Duperreault sang CEO perusahaan mengatakan, AIG menargetkan mencatatkan laba underwriting dalam setahun penuh.

Pendapatan underwriting unit asuransi umum mencapai US$ 179 juta. Sementara pada tahun sebelumnya mencatatkan kerugian sebesar US$ 251 juta. Adapun penghasilan yang disesuaikan meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi US$ 1,27 miliar.

Duperreault, yang memegang kemudi di AIG pada Mei 2017, telah merombak sistem underwriting AIG dimana sebelumnya selama bertahun-tahun hanya fokus mengejar pertumbuhan pendapatan tanpa mempertimbangkan risiko dengan tepat.

CEO AIG dan wakilnya telah mengarahkan para staf perusahaan untuk lebih selektif mencari klien dan mengurangi atau merevisi kebijakan yang tidak menguntungkan. AIG juga membeli reasuransi untuk mengurangi kerugian pada bisnis lamanya.

Rasio gabungan unit asuransi umum kecelakaan, yang tidak ikut lepas dari kerugian pada tahun-tahun sebelumnya mencapai 96,1 pada kuartal I. Sementara pada kuartal sebelumnya tercatat 99,7. Jika rasio di bawah 100%, itu artinya perusahaan lebih banyak mengumpulkan premi dibandingkan membayar claim.

Dupperreault menyebut, rasio kecelakaan tahunan sebagai indikator terbaik untuk mengukur profitabilitas unit secara jangka panjang. Jumlah itu tidak termasuk klaim bencana dan biaya cadangan.

Kinerja positif AIG itu juga ditopang oleh penurunan biaya. Rasio pengeluaran perusahaan turun 230 basis poin dari kuartal sebelumnya menjadi 34,3%. Premi bruto asuransi umum tercatat naik 11% menjadi US$ 10,2 miliar yang sebagian besar ditopang oleh kinerja asuransi jalur komersialnya di Amerika Utara.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×