kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Angkatan Laut AS rilis video kapal perang Iran dekati kapal perang AS di Laut Arab


Kamis, 16 April 2020 / 14:20 WIB
Angkatan Laut AS rilis video kapal perang Iran dekati kapal perang AS di Laut Arab
ILUSTRASI. Angkatan Laut AS merilis video kapal-kapal Angkatan Laut Iran melakukan pendekatan berbahaya terhadap kapal perang AS.


Sumber: CNN | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Ketegangan Amerika Serikat (AS) dengan Iran makin menjadi. Angkatan Laut AS (US Navy) merilis video yang menunjukkan kapal-kapal Angkatan Laut Iran (IRGCN) berulang kali melakukan "pendekatan berbahaya dan melecehkan" terhadap kapal perang Angkatan Laut AS di Laut Arab Utara pada Rabu (15/4).

Angkatan Laut AS mengklaim bahwa satu kapal Iran datang dalam jarak 10 meter dengan sebuah kapal perang AS.

Video insiden itu nampak menunjukkan beberapa kapal berbendera Iran, dengan orang-orang berjaga di depan kapal-kapal itu, lewat di depan kapal angkatan laut AS.

Baca Juga: AS: China disinyalir telah melakukan ledakan uji coba nuklir terlarang

Menurut pernyataan dari Komando Sentral AS, 11 kapal Angkatan Laut Korps Revolusi Islam Iran berulang kali melakukan pendekatan berbahaya dan melecehkan dari kapal perang AS USS Lewis B. Puller, USS Paul Hamilton, USS Firebolt, USS Sirocco, USCGC Wrangell dan USCGC Maui.

"Kapal-kapal IRGCN berulang kali melintasi busur dan buritan kapal-kapal AS pada jarak yang sangat dekat dan kecepatan tinggi, dalam jarak 10 yard dari haluan kapal Maui," tulis pernyataan Angkatan Laut AS seperti dikutip CNN.

Insiden berbahaya itu terjadi ketika ketegangan antara Iran dan AS tetap tinggi setelah lebih dari satu tahun kampanye tekanan maksimum pemerintahan Donald Trump terhadap Iran. Ditambah lagi pembunuhan terhadap pemimpin kedua Iran yang paling kuat, Jenderal Qasem Soleimani pada Januari 2020 lalu.

Berikut rekaman video insiden kapal Angkatan Laut Irak dengan kapal perang Angkatan Laut AS di Laut Arab yang diambil dari akun YouTube US Navy:

Presiden Donald Trump dalam tweet pada awal April lalu menyebut, AS percaya bahwa Iran sedang merencanakan serangan menyelinap terhadap pasukan dan atau aset AS di Irak.

Trump memperingatkan jika ini terjadi, Iran akan membayar harga yang sangat berat.

Baca Juga: Iran: Donald Trump lebih berbahaya daripada virus corona




TERBARU

[X]
×