kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS mengenakan sanksi baru pada pemimpin dan pejabat tinggi Iran


Selasa, 25 Juni 2019 / 06:16 WIB
AS mengenakan sanksi baru pada pemimpin dan pejabat tinggi Iran


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menargetkan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan pejabat tinggi Iran lainnya dengan sanksi baru pada Senin (24/6). Langkah baru yang belum pernah diambil sebelumnya ini bertujuan untuk meningkatkan tekanan setelah Iran menjatuhkan drone tak berawak AS.

Dengan ketegangan memuncak antara kedua negara, Trump menandatangani perintah eksekutif yang menjatuhkan sanksi. Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan, sanksi ini akan mengunci miliaran dollar aset Iran.

Trump mengatakan bahwa sanksi ini sebagian merupakan tanggapan atas penghancuran drone AS oleh Iran pada pekan lalu, tapi memang sudah direncanakan sebelumnya. Dia mengatakan, Khamenei bertanggung jawab atas apa yang disebut Trump sebagai rezim dengan perilaku bermusuhan di Timur Tengah.

Trump mengatakan sanksi ini, "Akan mengingkari Pemimpin Tertinggi dan kantor Pemimpin Tertinggi, dan mereka yang berafiliasi erat dengannya dan kantor, akses ke sumber daya keuangan utama dan dukungan."

John Smith, yang merupakan direktur Kantor Pengawasan Aset Asing (OFAC) AS sebelum bergabung dengan sebuah firma hukum tahun lalu, mengatakan, AS tidak pernah menargetkan seorang kepala negara Iran sebelumnya. Sanksi ini menunjukkan bahwa Trump menganggap serius sanksi ini.

“Umumnya, ketika Anda menargetkan kepala negara, Anda menariknya kembali. Saat itulah Anda yakin semua opsi sudah berakhir, ”kata Smith kepada Reuters.

Sejumlah analis kebijakan mengatakan sanksi sebelumnya yang dikeluarkan Trump menyebabkan Iran merasa harus mengadopsi taktik yang lebih agresif akibat tekanan ekonomi. Pemerintahan Trump ingin memaksa Iran untuk membuka pembicaraan tentang program nuklir dan misilnya serta kegiatannya di kawasan Teluk.

Duta Besar Iran untuk PBB, Majid Takht Ravanchi, mengatakan kepada wartawan di PPB bahwa Iran tidak akan menerima pembicaraan dengan AS saat berada di bawah sanksi. Dia mengatakan, keputusan AS adalah indikasi bahwa AS tidak menghormati menghormati hukum dan ketertiban internasional.

Dewan Keamanan PBB bertemu secara tertutup pada hari Senin atas permintaan AS. Duta besar AS Jonathan Cohen mengatakan, bukti menunjukkan Iran yang harus disalahkan atas serangan terhadap kapal tanker komersial di Teluk pada bulan Mei dan Juni. Dia pun mendesak dunia untuk mengatakan kepada Iran bahwa aksi ini tidak dapat diterima.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, menanggapi sanksi dalam posting Twitter, mengatakan politisi pemburu yang dekat dengan Trump, "Membenci diplomasi, dan haus akan perang." Tahun lalu, Trump menarik AS dari perjanjian internasional 2015 yang menahan Iran mengembangkan nuklir. Sejak itu, AS mengetatkan sanksi untuk memberangus ekonomi Iran.

Mnuchin mengatakan, Zarif akan menjadi target sanksi AS akhir pekan ini.

Sanksi terbaru ini ditujukan untuk menolak akses para pemimpin Iran ke aset keuangan dan menghalangi mereka dari sistem keuangan AS atau memiliki akses ke aset apa pun di AS. "Siapa pun yang melakukan transaksi signifikan dengan orang-orang yang terkena sanksi ini dapat terkena sanksi," kata Gedung Putih.

Departemen Keuangan AS mengungkapkan bahwa sanksi juga dijatuhkan pada delapan komandan senior Angkatan Laut, Dirgantara, dan Pasukan Darat Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC).

"Para komandan ini duduk di atas birokrasi yang mengawasi kegiatan regional IRGC yang berbahaya, termasuk program rudal balistik yang provokatif, pelecehan dan sabotase kapal komersial di perairan internasional, dan keberadaannya yang tidak stabil di Suriah," ungkap Departemen Keuangan AS dalam pernyataan.

Trump mengatakan sanksi itu adalah "tanggapan yang kuat dan proporsional terhadap tindakan Iran yang semakin provokatif."

Iran mengatakan, pada hari Senin serangan cyber AS terhadap militernya telah gagal.

Impor Minyak

Ketegangan memburuk pada Mei lalu ketika AS memerintahkan semua negara untuk menghentikan impor minyak Iran. "Kami menyerukan rezim untuk meninggalkan ambisi nuklirnya, mengubah perilaku destruktifnya, menghormati hak-hak rakyatnya, dan kembali dengan itikad baik ke meja perundingan," kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Iran membantah pengembangan senjata nuklir dan merujuk pada keputusan yang dikeluarkan pada awal 2000-an oleh Khamenei yang melarang pengembangan atau penggunaan senjata nuklir.

Iran membantah bertanggung jawab atas serangan terhadap kapal tanker minyak di Teluk. Kemarin, AS mengatakan sedang membangun koalisi dengan sekutu untuk melindungi jalur pelayaran Teluk.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS mengatakan, koalisi ini akan memberikan kontribusi material dan finansial untuk program tersebut. 

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berada di Timur Tengah untuk membahas Iran dengan para pemimpin Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, dua sekutu Muslim Sunni yang bersekutu dengan Muslim Syiah Iran. "Kebebasan navigasi adalah yang terpenting," twit Pompeo dari kota Jeddah, Saudi.

Zarif Iran, dalam posting Twitter-nya, mengatakan: "@realDonaldTrump benar 100% bahwa militer AS tidak memiliki urusan di Teluk Persia. Penarikan pasukan sepenuhnya sejalan dengan kepentingan AS dan dunia."

Cuitan ini muncul setelah Trump lewat Twitter mengungkapkan bahwa negara-negara lain harus melindungi pengiriman minyak mereka sendiri di Timur Tengah daripada meminta AS melindungi mereka.

AS juga menuduh Iran mendorong sekutu di Yaman untuk menyerang target Saudi.

Konfrontasi antara Iran dan AS memanas Kamis lalu ketika Iran menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak AS, mengatakan mereka telah terbang di atas ruang udaranya.

AS yang mengatakan pesawat tak berawak itu berada di langit internasional, kemudian nyaris menyerang sasaran militer Iran. Kemudian Trump membatalkan serangan udara pembalasan 10 menit sebelum itu dilanjutkan. Trump mengatakan dia memutuskan serangan itu akan menewaskan terlalu banyak orang.

Baik Iran dan Amerika Serikat mengatakan mereka tidak menginginkan perang. Keduanya menyarankan mereka bersedia berbicara sementara menuntut pihak lain untuk bergerak terlebih dahulu.

Sekutu AS telah menyerukan langkah-langkah untuk meredakan krisis, dengan mengatakan mereka khawatir kesalahan kecil oleh kedua pihak dapat memicu perang. “Kami tidak berpikir kedua pihak menginginkan perang, tapi kami sangat prihatin bahwa kami dapat terlibat dalam perang yang tidak disengaja dan kami melakukan segala yang kami bisa untuk meredakan keadaan, ”kata Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt.

Sekutu-sekutu AS di Eropa dan Asia memandang keputusan Trump untuk mengabaikan kesepakatan nuklir lalu sebagai kesalahan yang memperkuat kelompok garis keras di Iran dan melemahkan faksi pragmatis Presiden Hassan Rouhani.

Prancis, Inggris dan Jerman telah mengirim peringatan diplomatik resmi ke Iran jika Iran mengurangi kepatuhannya terhadap perjanjian itu, kata dua diplomat Eropa, Senin.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×