kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS-Uni Eropa sepakat berunding menghilangkan hambatan perdagangan hingga nol


Kamis, 26 Juli 2018 / 05:44 WIB
AS-Uni Eropa sepakat berunding menghilangkan hambatan perdagangan hingga nol
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Rabu (26/7) bahwa Amerika Serikat dan Uni Eropa memulai perundingan yang bertujuan menurunkan hambatan perdagangan.

"Ini adalah hari yang sangat besar untuk perdagangan bebas dan adil, hari yang sangat besar," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih setelah pertemuan dengan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker.

"Kami sedang memulai negosiasi sekarang tetapi kami tahu sangat banyak ke mana perginya," kata Trump.

Berbicara dengan Juncker di sisinya, Trump mengatakan mereka telah sepakat dalam pembicaraan untuk "bekerja sama menuju tarif nol, nol hambatan non-tarif, dan nol subsidi pada barang-barang industri non-otomotif."

"Kami juga akan bekerja mengurangi hambatan dan meningkatkan perdagangan dalam layanan, bahan kimia, farmasi, produk medis, serta kedelai. Kedelai adalah masalah besar," katanya, menambahkan bahwa Eropa juga akan meningkatkan pembelian gas alam cair dari Amerika Serikat.

"Mereka akan menjadi pembeli LNG besar-besaran," kata Trump.

Trump mengatakan perundingan akan "menyelesaikan" dua tarif besar yang berlakukan Amerika Serikat pada impor baja dan aluminium dari Uni Eropa, dan sebaliknya Eropa juga telah menerapkan tarif yang menampar barang-barang AS sebagai respons.

Tidak jelas apakah kedua pihak membuat kemajuan dalam isu yang kontroversial mengenai kemungkinan tarif AS untuk impor mobil dari Eropa, namun Juncker mengatakan mereka telah sepakat untuk tidak memberlakukan tarif baru ketika pembicaraan sedang berlangsung.

"Ini adalah pertemuan yang baik dan konstruktif," kata Juncker.

Trump telah mengancam untuk memberlakukan tarif 25% terhadap impor otomotif, sebuah langkah yang akan memukul produsen mobil Eropa seperti BMW dan Volkswagen keras, serta perusahaan mobil Jepang dan Korea Selatan.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×