kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS yakin kesepakatan NAFTA akan selesai September 2018


Kamis, 26 Juli 2018 / 08:32 WIB
AS yakin kesepakatan NAFTA akan selesai September 2018
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump - PM Kanada


Reporter: Agung Jatmiko | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Menteri Pertanian Amerika Serikat (AS) Sonny Perdue mengatakan bahwa Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara atau North America Free Trade Area (NAFTA) dapat dinegosiasikan secara terpisah dengan Kanada dan Meksiko agar tercipta kesepakatan pada bulan September.

Perdue mengungkapkan bahwa kesepakatan dengan Meksiko mungkin lebih mudah dilakukan karena Meksiko lebih bisa menerima beberapa kekhawatiran yang dimiliki AS. "Kami berharap bahwa kesepakatan Meksiko dapat dilakukan dengan sangat cepat, mungkin pada akhir Agustus atau sebelum September,” kata Perdue, dilansir dari Reuters, Rabu (25/7).

Jika kesepakatan dengan Meksiko diselesaikan dengan cepat Purdue berharap Kanada akan segera mengikuti dan akhirnya NAFTA bisa kembali menjadi kesatuan.

Sejak Agustus tahun lalu AS, Kanada dan Meksiko telah merundingkan perombakan pakta perdagangan yang sudah berlangsung selama 24 tahun, setelah Presiden AS Donald Trump mengkritik kesepakatan itu dan menyalahkannya atas defisit perdagangan AS dengan Meksiko. Dia berpendapat itu menyebabkan pekerjaan pindah ke selatan perbatasan.

Pembicaraan telah terhenti karena tuntutan AS terhadap otomotif dan masalah lain. Tetapi para perunding perdagangan Meksiko akan melakukan perjalanan ke Washington minggu ini untuk menghidupkan kembali perundingan perdagangan.

Presiden terpilih Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, seorang nasionalis berhaluan kiri, mengatakan setelah pemilihan 1 Juli bahwa dia akan bersedia untuk menegosiasikan kembali kesepakatan itu, meskipun dia telah mengkritiknya di masa lalu. Lopez Obrador mulai menjabat pada 1 Desember.

Negosiasi untuk memodernisasi NAFTA semula dijadwalkan selesai pada akhir 2017, tetapi batas waktu telah diperpanjang beberapa kali. Perdue mengatakan dia yakin bahwa ketika kesepakatan NAFTA diselesaikan dan Kongres AS akan meratifikasinya. "Berdasarkan apa komentar Kongres, saya akan berpikir mereka akan sangat bersyukur dengan NAFTA 2.0 yang diperbarui," kata Perdue.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×