kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,27   -8,08   -0.87%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bagi harta gana-gini, Jeff Bezos mempertahankan kontrol suara Amazon


Jumat, 05 April 2019 / 06:52 WIB
Bagi harta gana-gini, Jeff Bezos mempertahankan kontrol suara Amazon


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - SEATTLE. CEO Amazon.com Jeff Bezos akan mempertahankan kontrol suara atas seluruh sahamnya yang bernilai US$ 143 miliar. Sedangkan istrinya MacKenzie Bezos akan memiliki 25% saham dari saham-saham tersebut. Pernyataan yang muncul dari pasangan miliarder ini menghapus ketidakpastian yang melingkupi Amazon sejak keduanya mengumumkan perceraian.

Pasangan terkaya dunia ini mengumumkan perceraian pada Januari lalu. Sejumlah kekhawatiran seperti Jeff Bezos akan kehilangan hak suara atau mereka akan melikuidasi aset menyebabkan investor Amazon.com harap-harap cemas.

"Pengumuman ini menghapus masalah, dengan hanya sedikit turbulensi," kata seorang investor yang memiliki jutaan dollar AS saham Amazon kepada Reuters.

MacKenzie Bezos akan memiliki sekitar 4% saham emiten ritel online ini dengan nilai setara US$ 36 miliar. Saham Amazon akan menjadikan MacKenzie perempuan terkaya ketiga dunia. Sedangkan Jeff Bezos tetap menduduki posisi sebagai orang paling kaya sedunia versi majalah Forbes.

Keduanya merilis pernyataan terpisah lewat akun Twitter bahwa dalam penyelesaian, MacKenzie akan menyerahkan haknya di Washington Post yang dibeli Jeff Bezos pada 2013 lalu. MacKenzie juga melepas haknya pada perusahaan roket Blue Origin yang didirikan Bezos pada tahun 2000.

Keduanya tidak mengungkapkan detail finansial lebih lanjut.

Dalam laporan ke otoritas pasar modal, Amazon yang merupakan peritel online terbesar dunia, mengungkapkan bahwa 4% dari total saham Amazon akan dicatatkan atas nama MacKenzie Bezos setelah persetujuan pengadilan atas perceraian keduanya. Proses ini diperkirakan rampung dalam 90 hari.

Jeff yang memiliki 16,3% dan merupakan pemegang saham terbesar Amazon, akan mempertahankan otoritas voting, kecuali MacKenzie mendonasikan sahamnya ke lembaga nirlaba atau menjualnya di pasar terbuka.

Jeff Bezos yang berusia 55 tahun, dipandang penting bagi meroketnya kinerja Amazon dan harga sahamnya sejak mendirikan perusahaan ini sebagai toko buku online pada 1994. 

“Ketika saya berpikir tentang Amazon, dan pengaruh Bezos terhadap Amazon, saya berpendapat pengaruhnya akan sama jika dia memiliki 51% saham atau hanya 1%. Saya pikir pengaruhnya ditentukan oleh visinya untuk Amazon, ” kata Tom Forten, analis D.A. Davidson seperti dikutip Reuters.

"Bersyukur telah menyelesaikan proses pembubaran perkawinan dengan Jeff," ungkap MacKenzie dalam tweet pertama dan satu-satunya dari akun yang dibuat bulan ini.

Jeff me-retweet dan menambahkan bahwa dia, "Bersyukur atas dukungannya dan kebaikannya dalam proses ini." 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×