kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bangun kantor pusat kedua, Amazon bayar US$ 51 juta kepada pejabat Viginia


Minggu, 17 Maret 2019 / 18:58 WIB
Bangun kantor pusat kedua, Amazon bayar US$ 51 juta kepada pejabat Viginia


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Rencana Amazon.com Inc membangun markas kedua di Virginia Utas semakin terang. Pada Sabtu (16/3) Amazon telah menyelesaikan masa uji coba seiring dengan kesepakatan pejabat setempat terkait paket keuangan senilai US$ 51 juta.

Amazon pada bulan Februari tiba-tiba membatalkan rencana untuk membangun bagian dari markas kedua di New York Queens, setelah oposisi dari para pemimpin lokal marah oleh insentif yang dijanjikan oleh politisi negara dan kota.

Lima anggota Dewan Kabupaten Arlington memberikan suara 5-0 untuk Amazon menerima paket keuangan setelah pertemuan tujuh jam yang diadakan di sebuah ruangan yang berisi sekitar 150 warga dan perwakilan dari serikat pekerja lokal dan kelompok-kelompok advokasi minoritas.

Ada oposisi yang kuat dari beberapa penduduk dan kelompok-kelompok buruh. Mereka meneriakkan rasa malu dan melambaikan tanda dengan slogan termasuk "Jangan kebalikan dari Robinhood," "Amazon terlalu banyak bekerja dan kurang dibayar," dan "Advokasi untuk kita dan bukan Amazon". 

Beberapa orang pengunjuk rasa di luar kantor county meneriakkan, "Orang-orang yang bersatu tidak akan pernah dikalahkan."

Danny Candejas, organisator untuk koalisi "For Us, Not Amazon," yang menentang perpindahan perusahaan ke daerah tersebut, mengatakan "Kami berjuang untuk memastikan orang yang tinggal di sini tidak dihargai oleh orang kaya."

Banyak pembicara yang menentang kantor pusat Amazon terutama menentang insentif langsung, mengutip kenaikan biaya perumahan, kemungkinan perpindahan keluarga berpenghasilan rendah, percepatan pencurian upah untuk pekerja konstruksi, dan kurangnya jaminan investasi dalam dana perumahan yang terjangkau.

"Spekulan sudah menaikkan harga rumah, tuan tanah menaikkan harga sewa dan kontraktor umum menaikkan harga mereka untuk proyek perbaikan rumah," kata seorang penduduk, Hunter Tamarro.

Serikat pekerja termasuk AFL-CIO keberatan dengan Amazon yang tidak menandatangani perjanjian kerja proyek dengan upah dan perlindungan keuntungan bagi pekerja yang disewa untuk membangun gedung baru.

Tetapi pendukung seperti penduduk June O'Connell mengatakan kehadiran Amazon akan memastikan Arlington dialokasikan dana negara untuk investasi dalam transportasi dan pendidikan tinggi. "Saya ingin uang itu dari negara, Tanpa Amazon, kita tidak akan mendapatkan satu sen pun dari itu," kata O'Connell.

Holly Sullivan, kepala pengembangan ekonomi Amazon di seluruh dunia, berbicara singkat dan mengatakan perusahaan akan berinvestasi sekitar US$ 2,5 miliar, menciptakan lebih dari 25.000 pekerjaan dengan upah rata-rata lebih dari US$ 150.000, yang akan menghasilkan pendapatan pajak lebih dari US$ 3,2 miliar.

"Mengenai insentif, Amazon hanya memenuhi syarat untuk insentif keuangan setelah kami melakukan investasi dan menempati ruang kantor di masyarakat," katanya.

Dorsey, ketua dewan mengatakan menolak Amazon tidak akan menyelesaikan masalah dan kekhawatiran masyarakat, dan bahwa ini adalah kesepakatan pertama yang dicapai kabupaten di mana pertumbuhan pendapatan baru akan digunakan untuk mendanainya.

Yang pasti, pemungutan suara menyetujui sekitar US$ 51 juta, sebagian kecil dari US$ 481 juta yang dijanjikan. Hanya 5% dari insentif yang langsung. Juga, Amazon telah ditawari paket US$ 750 juta oleh negara yang disetujui Majelis Umum Virginia dengan sedikit pertentangan.

Adapun US$ 51 juta termasuk insentif keuangan langsung yang kontroversial atau hibah tunai sebesar US$ 23 juta untuk Amazon selama 15 tahun, yang akan dikumpulkan dari pajak kamar hotel Arlington. Hibah ini bergantung pada Amazon yang menempati ruang kantor seluas enam juta kaki persegi selama 16 tahun pertama.

Arlington juga menawarkan untuk menginvestasikan sekitar US$ 28 juta selama 10 tahun dari pendapatan pajak properti di masa depan dalam infrastruktur di tempat dan ruang terbuka di situs kantor pusat.

Sebuah pengajuan di situs dewan kota mengatakan hibah senilai US$ 23 juta dan US$ 28 juta dalam investasi infrastruktur publik strategis adalah penting bagi Amazon memilih Arlington untuk kantor pusatnya.




TERBARU

[X]
×