kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank terbesar ketiga Prancis, Societe Generale akan PHK 1.600 karyawan


Selasa, 09 April 2019 / 18:16 WIB
Bank terbesar ketiga Prancis, Societe Generale akan PHK 1.600 karyawan


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - PARIS. Pasca mencatatkan kinerja buruk tahun lalu, bank terbesar ketiga di Paris Societe Generale (SocGen) mengumumkan rencana memangkas 1.600 pekerjaan pada Selasa (9/4). Langkah efisiensi ini menyasar karyawan yang berada di divisi perbankan korporasi dan investasi.

Mengutip Reuters Selasa (9/4), aksi ini memungkinkan SocGen memotong biaya untuk bisnis perbankan investasinya senilai € 500 juta atau US$ 563 juta. Pada kuartal keempat 2018 lalu pendapatan SocGen terpukul oleh penurunan tajam industri perbankan di Paris sehingga profitabilitas dan pendapatan ikut menurun.

“Sejak awal Februari, kami telah melakukan peninjauan terhadap semua aktivitas perbankan korporasi dan investasi. Tujuan kami adalah mengembalikan profitabilitas bisnis di atas biaya modal, ”kata Severin Cabannes, wakil CEO SocGen dan kepala cabang perbankan korporasi dan investasi.

Pada bulan Februari, Cabannes mengakui rencana pemotongan biaya akan mengarah pada pengurangan pekerjaan di unit yang mempekerjakan 18.000 orang di 30 negara.
Bank akan memotong 750 pekerjaan di Prancis, di mana semua redudansi akan dilakukan secara sukarela.

PHK lainnya akan dilakukan di luar negeri, terutama di New York dan London, di mana bank dapat memecat orang. "Berita ini menegaskan bahwa manajemen berada pada target untuk mewujudkan rencana tersebut," tulis broker Jefferies.

Sebagai bagian dari restrukturisasi, SocGen akan menghentikan beberapa bisnis seperti perdagangan eksklusif. "Kegiatan ini tidak pernah menemukan keseimbangan atau profitabilitasnya," kata Cabannes.

Bank bermaksud mengakhiri bisnis lain seperti perdagangan komoditas over-the-counter (OTC) dan juga akan mengurangi ukuran bisnis lain seperti bisnis pendapatan tetapnya. Pekerjaan terkait dari fungsi dukungan juga akan diberhentikan tambah Cabannes. Bank juga telah memutuskan untuk menutup beberapa klien.

"Ada beberapa klien yang profitabilitasnya secara struktural tidak memadai sehingga kami tidak akan melayani mereka lagi," kata Cabannes.

Setelah bertahun-tahun suku bunga rendah membatasi pengembalian untuk perbankan ritel, SocGen, BNP Paribas, Deutsche Bank dan bank-bank besar Eropa lainnya mengandalkan pendapatan yang lebih tidak stabil dari perbankan korporasi dan investasi dengan hasil yang beragam.

Meskipun saham bank-bank besar Eropa lainnya telah bangkit kembali tahun ini, saham SocGen masih turun lebih dari 3% di tengah kekhawatiran solvabilitas dan profitabilitas. Saham telah kehilangan lebih dari 39% selama 12 bulan terakhir.

CEO SocGen Frederic Oudea berada di bawah tekanan dari investor. Dia mengatakan bank akan menjual lebih banyak aset dari yang semula direncanakan untuk meningkatkan rasio solvabilitas bank. Bank mengharapkan untuk membebaskan hingga € 10 miliar dalam modal sebagai bagian dari rencana reorganisasi yang diluncurkan Selasa.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×