kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bendung penularan Covid-19, Jepang perpanjang keadaan darurat hingga 31 Mei


Jumat, 07 Mei 2021 / 14:22 WIB
Bendung penularan Covid-19, Jepang perpanjang keadaan darurat hingga 31 Mei
ILUSTRASI. Jepang memperpanjang keadaan darurat hingga 31 Mei untuk menekan kasus Covid-19.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Pemerintah Jepang memutuskan untuk memperpanjang kembali keadaan darurat hingga akhir Mei. Hal tersebut dilakukan untuk menahan peningkatan kasus Covid-19 menjelang Olimpiade Tokyo.

Seperti diketahui, Olimpiade Tokyo akan mulai diselenggarakan pada 23 Juli mendatang setelah tahun lalu sempat ditunda. Artinya, tersisa kurang dari dua bulan untuk pemerintah menyiapkan acara tersebut.

Mengutip dari Reuters, kasus Covid-19 di Osaka disebutkan dalam keadaan bahaya. Menyusul, Tokyo dikabarkan juga dapat mengalami keadaan serupa.

"Osaka secara khusus berada dalam situasi yang cukup berbahaya dengan sistem medisnya. Kami memiliki rasa takut bahwa situasi di Tokyo akan sama seperti yang dialami di Osaka," ujar Menteri Ekonomi Jepang sekaligus yang bertanggung terhadap situasi pandemi di Jepang, Yasutoshi Nishimura, Jumat (7/5).

Baca Juga: Masuk gelombang keempat pandemi, Tokyo dan Osaka minta deklarasi keadaan darurat

Rencana perpanjangan keadaan darurat tersebut telah disetujui oleh banyak pihak dan secara resmi akan dikeluarkan dalam waktu dekat.

Hingga saat ini, Jepang telah mencatat 618.197 kasus infeksi covid-19 baru dan sekitar 10.585 kematian akibat pandemi.

Dalam keadaan darurat seperti ini, pemerintah melarang resto, bar dan tempat karaoke diminta untuk berhenti beroperasi. Sedangkan untuk pusat perbelanjaan, pemerintah masih mengizinkan buka dalam batasan waktu operasional.

Meski kondisi masih belum membaik, Jepang dan Komite Olimpiade Internasional masih bersikukuh untuk tetap menyelenggarakan olimpiade. Hanya saja, penonton asing telah dilarang sedangkan penonton domestik masih dipertimbangkan.

Acara uji coba olimpiade juga masih akan dilaksanakan dan tidak akan terpengaruh dengan adanya rencana perpanjangan ini. Sebelumnya, ajang kejuaraan dunia selam yang diikuti lebih dari 200 atlet dari 50 negara tetap terlaksana di minggu lalu.

Selanjutnya: Komite Olimpiade akan sediakan vaksin Covid-19 gratis untuk para atlet




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×