kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beri tenggat waktu 30 hari, Trump ancam pembekuan permanen pendanaan WHO


Selasa, 19 Mei 2020 / 14:07 WIB
Beri tenggat waktu 30 hari, Trump ancam pembekuan permanen pendanaan WHO
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump. REUTERS/Kevin Lamarque


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden AS Donald Trump mengancam pada hari Senin (18/5/2020) pembekuan pendanaan secara permanen kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal ini akan dilakukan jika WHO tidak berkomitmen melakukan perbaikan dalam waktu 30 hari. Trump juga mempertimbangkan kembali keanggotaan Amerika Serikat dalam organisasi internasional itu.

Melansir Reuters, Trump menangguhkan kontribusi AS untuk WHO bulan lalu, dengan menuduh WHO menyebarkan informasi yang menyesatkan tentang wabah virus corona di China, meskipun pejabat WHO membantah tuduhan itu. China sendiri mengatakan sudah transparan dan terbuka terkait hal tersebut.

"Jika WHO tidak berkomitmen untuk perbaikan substantif besar dalam 30 hari ke depan, saya akan membuat pembekuan sementara menjadi pembekuan permanen dan mempertimbangkan kembali keanggotaan kami," kata Trump kepada pemimpinnya, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam sebuah surat yang diposting di Twitter.

Baca Juga: Corona di Amerika: Kasus positif lampaui 1,5 juta, angka kematian 90.000

Sebelumnya, Trump mengatakan WHO telah melakukan pekerjaan yang sangat menyedihkan dalam penanganan virus corona. Itu sebabnya dia akan segera membuat keputusan tentang pendanaan AS.

Dalam suratnya, Trump mengatakan satu-satunya jalan ke depan bagi badan itu adalah jika WHO dapat menunjukkan pihaknya bebas dari tekanan China. Dia juga  menambahkan bahwa pemerintahannya telah memulai diskusi reformasi dengan Tedros.

Baca Juga: AS serang WHO: Gagal dalam penanganan pandemi, corona memakan banyak nyawa

Pada hari Senin, WHO mengatakan peninjauan independen terhadap tanggapan virus global akan dimulai sesegera mungkin dalam hal asal mula pandemi. WHO juga telah menerima dukungan dan janji dana yang besar dari China.




TERBARU

[X]
×