kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bikin cemas, ini 28 fakta yang menunjukkan virus corona kian menyebar di luar China


Rabu, 26 Februari 2020 / 06:37 WIB
Bikin cemas, ini 28 fakta yang menunjukkan virus corona kian menyebar di luar China
ILUSTRASI. Warga Italia mengenakan masker. REUTERS/Remo Casilli


Sumber: Time,Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Lonjakan kasus virus corona yang mematikan di luar China meningkatkan kekhawatiran bahwa wabah telah mencapai tahap baru dan dapat melanjutkan penyebaran global ke negara-negara yang bahkan lebih rentan.

Melansir Time, menurut angka pemerintah, jumlah kasus virus corona di provinsi Hubei, China tengah, tampaknya mulai stabil. Akan tetapi jumlah orang yang terinfeksi di tempat lain di dunia meningkat dengan cepat. Kasus kematian dan infeksi di Korea Selatan, Italia, Iran dan kapal pesiar yang merapat di Jepang merupakan beberapa contoh di antaranya.

Baca Juga: Gara-gara kasus pria Jepang, banyak yang cemas soal kemampuan deteksi virus corona RI

Pada hari Selasa (26/2/2020), data Time menunjukkan, lebih dari 2.400 kasus virus, yang secara resmi disebut COVID-19, telah dilaporkan di luar daratan China. Jumlah kematian di luar China daratan juga meningkat, termasuk 16 di Iran, 11 di Korea Selatan dan 10 di Italia pada Selasa sore.

Di Iran, wakil menteri kesehatan negara itu telah terinfeksi virus corona. Dalam videonya, dia menyoroti tantangan yang dihadapi pihak berwenang untuk menahan penyebarannya. Sehari sebelum dites positif terkena virus, Iraj Harirchi, terlihat berkeringat dan batuk pada konferensi pers.

Baca Juga: Singapore Airlines batalkan penerbangan ke kota-kota di Indonesia, ini alasannya

Berikut fakta-fakta penyebaran virus corona secara global, seperti yang dihimpun dari Reuters:

1. Presiden AS Donald Trump akan meminta dana senilai US$ 2,5 miliar dari Kongres untuk memerangi epidemi Covid-19 (coronavirus). Militer AS dan Korea Selatan sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan pelatihan bersama ketika virus itu menyebar di Eropa dan Timur Tengah.

2. Negara-negara di seluruh dunia meningkatkan upaya untuk mencegah pandemi virus seperti flu yang kini telah menginfeksi lebih dari 80.000 orang, 10 kali lebih banyak dibanding kasus SARS.




TERBARU

[X]
×