kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bill dan Melinda Gates lunasi utang Nigeria ke Jepang senilai US$ 76 juta


Selasa, 16 Januari 2018 / 17:40 WIB
Bill dan Melinda Gates lunasi utang Nigeria ke Jepang senilai US$ 76 juta
ILUSTRASI. Orang Terkaya di Dunia - William Henry


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Saat sejumlah pemimpin lebih fokus pada isu-isu yang berada di dalam wilayah mereka sendiri, Bill dan Melinda Gates terus menunjukkan pentingnya melihat lingkungan di luar mereka. Hal ini mereka tunjukkan dengan mengumumkan bahwa mereka akan menyelesaikan utang Nigeria sebesar US$ 76 juta kepada Jepang.

Mengutip globalcitizen.org, utang Nigeria kepada Jepang adalah hasil dari Overseas Development Assistance (ODA) yang disediakan oleh pemerintah Jepang pada tahun 2014 untuk meningkatkan usaha pemberantasan polio.

Berkat pendanaan tersebut, Nigeria telah berhasil membuat langkah besar dalam upayanya untuk memberantas polio.

Pada periode Juli 2014 hingga Agustus 2016, Nigeria tidak lagi mencatat kasus tinggi penderita polio, dan hanya ada dua kasus yang dilaporkan terjadi.

Berdasarkan data Global Polio Eradication Initiative, tidak ada kasus penyakit baru dari virus polio liar yang dilaporkan terjadi pada tahun 2017 dan hanya ada empat kasus yang dilaporkan pada tahun 2016.

Ini berarti, Nigeria sudah sangat dekat dengan pemberantasan polio. Dengan demikian, tinggal dua negara yang masih disebut sarang polio ini yaitu Pakistan dan Afghanistan. Warga global berkampanye untuk terus memberantas polio dan memastikan semua individu memiliki akses terhadap perawatan kesehatan yang baik.

Menurut Guardian, sebagai organisasi filantropi swasta terbesar di dunia, Bill and Melinda Gates Foundation menghabiskan lebih dari US$ 3 miliar setahun untuk bantuan pembangunan.

Memberantas polio adalah salah satu prioritas utama Bill and Melinda Gates Foundation. Kenyataannya, pada Rotary International Convention tahunan terakhir di Atlanta, Gates Foundation mengumumkan akan menyesuaikan komitmen Rotary untuk mengumpulkan US$ 50 juta setahun selama tiga tahun ke depan, yang akan menghasilkan US$ 450 juta untuk usaha pemberantasan polio.

"Beberapa orang, terutama akhir-akhir ini, berpikir bahwa dunia semakin parah. Kemajuan tentang polio adalah pengingat akan apa yang dapat dicapai orang ketika mereka berani, teguh, dan bersedia bekerja sama," kata kata Gates pada konvensi bulan Juni lalu.

Menteri Keuangan Nigeria Kemi Adeosun mengumumkan pelunasan utang pada Selasa (16/1) di Abuja saat dia bertemu dengan anggota parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Jepang.




TERBARU

[X]
×