kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa sebarkan virus corona, waspada jenis serangga ini


Jumat, 07 Mei 2021 / 21:00 WIB
Bisa sebarkan virus corona, waspada jenis serangga ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Lalat adalah salah satu jenis serangga yang perlu Anda hindari. Tak hanya menjijikkan, jenis serangga itu juga bisa menyebarkan berbagai macam penyakit. Tidak terkecuali infeksi virus corona.

Maka dari itu, cara mengusir lalat perlu segera Anda lakukan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Parasites and Vectors menyebutkan, lalat bisa menyebarkan virus corona selama 24 jam setelah terinfeksi. Mengutip dari Best Life, hasil penelitian itu didapat dari hasil studi para peneliti di Kansas State University.

Penelitian dilakukan dengan cara memberikan paparan virus corona pada lalat di dalam sebuah lab. Hasilnya, lalat menjadi salah satu serangga yang dapat membawa dan menyebarkan Covid-19 ke lingkungan sekitar.

Salah satu peneliti, Juergen Richt mengatakan, penelitian tersebut bermula dari keingintahuan para peneliti mengapa banyak orang terinfeksi virus corona tanpa alasan yang pasti.

Lalat digunakan sebagai bahan percobaan karena jenis serangga itu biasanya tertarik dengan cairan biologis.

Baca Juga: Inilah penyebab Covid-19 di India susah ditangani

Baca Juga: Waspada, Malaysia alami kebangkitan infeksi virus corona

Karena baru dilakukan dalam lab, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan hal tersebut. Meski demikian, bukan berarti Anda menjadi tidak waspada terhadap keberadaan lalat.

Apalagi, selama ini sudah banyak penyakit yang disebarkan lalat. Misalnya, kolera, menyebarkan bakteri E. coli, dan typhoid fever.

Best Life menyebutkan, Anda bisa terinfeksi penyakit-penyakit itu setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi.

Berbeda dengan lalat, nyamuk adalah jenis serangga yang tidak bisa menyebarkan infeksi virus corona.

Namun, tetap berhati-hati terhadap gigitan nyamuk, ya. Bisa jadi nyamuk justru menyebabkan Anda mengalami penyakit yang lain, seperti demam berdarah dengue.

Untuk mencegah infeksi virus corona, langkah tepat yang perlu Anda lakukan secara disiplin adalah menerapkan protokol kesehatan. Selalu gunakan masker yang sesuai standar, jaga jarak dengan orang lain, dan rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Selanjutnya: Ini 7 panduan pelaksanaan Salat Idulfitri 1441 H yang dikeluarkan Menteri Agama




TERBARU

[X]
×