kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Boeing pasarkan pesawat seri 737 Max dengan nama baru


Kamis, 20 Agustus 2020 / 13:34 WIB
Boeing pasarkan pesawat seri 737 Max dengan nama baru
ILUSTRASI. Otoritas penerbangan di AS menghentikan izin produksi Boeing 737 MAX sebelum ada pemutakhiran software dan sistem sensor.


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Boeing mengatakan bahwa sebuah maskapai penerbangan Polandia, Enter Air, telah memesan sepasang pesawat jet 737 Max-nya, yang telah dilarang terbang sejak terjadi dua kecelakaan.

Hanya saja, dikutip dari usatoday, pengumuman itu tidak mengidentifikasi pesawat itu sebagai Max. Sebaliknya, mereka disebut 737-8, mungkin menandakan bahwa Boeing mungkin menginginkan nama baru untuk mengatasi masalah citra pesawat.

Pejabat Boeing tidak mengatakan perubahan nama itu secara resmi, namun nama Max muncul di tempat lain dalam pengumuman yang sama. Nama Max muncul mengacu pada armada Enter Air yang membeli dua pesawat baru.  Dengan pembelian itu maka Enter Air akan memiliki 10 pesawat Max. 

"Keluarga pesawat masih Max, tetapi Boeing menyebut model 737-8 untuk pertama kalinya dalam pengumuman kesepakatan," Jon Ostrower dari The Air Current, operasi berita penerbangan online yang mengawasi industri penerbangan, dalam sebuah tweet pagi.

Baca Juga: Air Force One hampir tertabrak drone saat Donald Trump berada di pesawat

737 Max dilarang terbang setelah kecelakaan berturut-turut. Pertama, penerbangan Lion Air jatuh dari Indonesia pada Oktober 2018. Kemudian pada Maret 2019, sebuah penerbangan Ethiopian Airlines jatuh di luar di Addis Ababa. Semua penumpang tewas dalam kedua kecelakaan itu, total 346 penumpang dan awak.

Penyelidikan terhadap kedua kecelakaan tersebut difokuskan pada Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver, atau MCAS, yang merupakan perangkat lunak yang ditambahkan ke Max untuk membuat model terbang seperti versi 737 sebelumnya. 

Perekam kokpit menunjukkan pilot di pesawat jet Ethiopia dan Lion Air berjuang untuk mempertahankannya. pesawat di udara sebagai MCAS, yang secara otomatis menyala dalam situasi tertentu, mengesampingkan tindakan mereka.

Armada Max telah dilarang terbang di seluruh dunia sementara Boeing memperbaiki masalahnya, dengan solusi yang sekarang sedang ditinjau oleh Federal Aviation Administration. Boeing, sementara itu, harus memikirkan bagaimana menangani sisi pemasaran dari masalah tersebut, yang mungkin bisa membantu dengan perubahan nama.

Baca Juga: Perselisihan Dagang AS dan Uni Eropa Jalan Terus, Airbus Kena Bea Masuk 15%

Boeing berencana menggunakan nama tersebut dalam varian berbeda dari Max, apakah itu 737-7 hingga 737-10. Tidak perlu bingung dengan generasi 737 sebelumnya, yang menggunakan sistem angka berbeda untuk menentukan ukuran tipe yang berbeda, seperti 737-800.

Bagaimanapun, Boeing mengatakan senang dengan pesanan Enter Air untuk dua pesawat, ditambah opsi pada dua lainnya. "Pesanan 737-8 tambahan mereka menggarisbawahi kepercayaan mereka pada pesawat dan pria serta wanita Boeing," kata Ihssane Mounir, wakil presiden senior Boeing.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×