kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BOJ akan pertahankan stimulus, siap melakukan aksi jika ekonomi jatuh lebih dalam


Kamis, 29 Oktober 2020 / 05:31 WIB
BOJ akan pertahankan stimulus, siap melakukan aksi jika ekonomi jatuh lebih dalam
ILUSTRASI. Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda. REUTERS/Toru Hanai/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Bank of Japan akan mempertahankan program stimulus besar-besaran pada Kamis (29/10) dan berjanji untuk mengambil tindakan lebih lanjut jika kejatuhan ekonomi akibat guncangan virus corona mengancam deflasi.

Tetapi para analis mengatakan, meningkatnya biaya pelonggaran yang berkepanjangan dan kelangkaan instrumen kebijakan mungkin berarti tidak banyak yang dapat dilakukan BOJ selain menggulirkan paket tanggap krisisnya, atau mengandalkan pemerintah untuk mengungkap paket pengeluaran lain untuk membangkitkan kembali pertumbuhan. 

Mengingat kebutuhan untuk mempertahankan beberapa batasan pada aktivitas ekonomi untuk mencegah penyebaran virus, BOJ tidak dalam posisi sekarang untuk mendorong harga lebih tinggi dengan pelonggaran lebih lanjut, kata Naoya Oshikubo, ekonom senior di SuMi TRUST, seperti dikutip Reuters.

"Akibatnya, penggerak kebijakan utama di bawah Perdana Menteri Yoshihide Suga adalah kebijakan fiskal, deregulasi dan strategi pertumbuhan, meninggalkan kebijakan moneter di sela-sela," katanya.

Baca Juga: Japan's consumer prices continue to slide on deflationary pressure from COVID-19

Dalam tinjauan proyeksi triwulanan, BOJ terlihat memangkas pertumbuhan tahun ini dan perkiraan inflasi karena pandemi menghantam permintaan domestik, menurut sumber kepada Reuters.

Tetapi bank sentral akan mempertahankan target imbal hasil pada level saat ini pada tinjauan suku bunga dua hari yang berakhir pada hari Kamis, dengan pandangan ekonomi menuju pemulihan moderat.

BOJ juga terlihat tidak membuat perubahan pada paket langkah-langkah yang bertujuan untuk meredakan ketegangan pendanaan perusahaan, yang telah menjadi alat utama untuk menangani ekonomi yang dilanda pandemi.

Pada briefing pasca pertemuan, Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda diharapkan untuk menegaskan kembali tekad bank untuk meredakan lebih lanjut jika pandemi menggagalkan pemulihan yang rapuh.

Dengan pelemahan ekonomi akibat Covid-19 yang terlihat membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk sembuh, BOJ akan memperpanjang tenggat waktu Maret untuk paket respons krisisnya. Keputusan diharapkan keluar pada bulan Desember atau Januari.

Untuk saat ini, dewan kemungkinan akan memfokuskan perdebatan pada apakah rebound baru-baru ini dalam ekspor dan output dapat mengimbangi kelemahan dalam konsumsi dan belanja modal.

Kenaikan permintaan domestik sangat penting untuk mengangkat ekonomi Jepang dari kemerosotan terbesar pasca perang, dan menghindari tergelincir kembali ke deflasi.

Analis memperkirakan inflasi inti, yang turun selama dua bulan berturut-turut pada September, terus turun karena sebagian dampak dari kampanye diskon pemerintah untuk perjalanan domestik.

Baca Juga: Gubernur BOJ Kuroda: Ekonomi Jepang akan terus pulih dari rasa sakit corona

Sementara banyak pejabat BOJ mengatakan mereka akan melihat faktor-faktor sementara tersebut, beberapa khawatir pelemahan harga dapat memicu kekhawatiran deflasi dan mendorong rumah tangga untuk menunda pengeluaran.

Namun, para analis mengatakan, setelah bertahun-tahun mencetak banyak uang, BOJ hanya memiliki sedikit instrumen yang tersisa untuk mengatasi risiko tersebut. 

Sehingga menempatkan tanggung jawab pada pemerintah, yang menghadapi seruan politik yang meningkat untuk menyusun paket pengeluaran lain.

Selanjutnya: Japan business sentiment perks up as hit from pandemic begins to ease




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×