kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Brasil keluarkan paket kebijakan untuk ciptakan 4 juta lapangan kerja


Selasa, 12 November 2019 / 20:17 WIB
Brasil keluarkan paket kebijakan untuk ciptakan 4 juta lapangan kerja
ILUSTRASI. The Christ the Redeemer statue is pictured with the Sugar Loaf mountain in the background in Rio de Janeiro, Brazil, August 1, 2017. REUTERS/Ricardo Moraes


Reporter: Maria Nugu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BRASILIA. Pemerintah Brasil berambisi untuk membuka 4 juta lapangan pekerjaan pada 2022. Tidak hanya itu, gelontoran dana puluhan miliar reais (BRL) akan disalurkan melalui program pinjaman untuk mendongkrak perekonomian.

Melansir dari Reuters, Selasa (12/11), paket kebijakan ini diumumkan oleh Sekretaris Pensiun dan Tenaga Kerja Pemerintah Brasil Rogerio Marinho. Termasuk mereformasi undang-undang perselisihan perburuhan sebagai bagian langkah untuk mengerek kembali perekonomian negara terbesar di Amerika Latin ini.

Baca Juga: Bolsonaro menangkan pilpres Brasil, ini kekhawatiran warga

Pada dasarnya, perusahaan akan memiliki akses ke dana yang mereka sisihkan untuk perselisihan perburuhan dan akan menghadapi pembayaran kompensasi yang lebih rendah di masa depan.

Dengan mengubah metode satuan untuk pembayaran kompensasi, perusahaan yang dikelola negara dapat menghemat hingga 37 miliar reais (US$ 8,9 miliar) selama lima tahun.

Pemerintah Brasil memperkirakan sekitar 65 miliar reais dapat disuntikkan ke dalam perekonomian. Dengan mengganti simpanan perusahaan yang disisihkan untuk pembayaran kompensasi perselisihan tenaga kerja dengan jaminan atau asuransi.

Baca Juga: Diplomasi dan ancaman krisis emerging market

Asal tahu, ekonomi Brasil berada pada jalur perlambatan sekitar 1% dalam tiga tahun berturut-turut dan ancaman tingkat pengangguran yang tinggi di bawah 12%.

Pemerintah Brasil nantinya akan membebaskan perusahaan membayar pajak gaji dan memotong biaya tenaga kerja antara 30% dan 34%. Upaya ini diharapkan bisa menciptakan 1,9 juta lowongan pekerjaan.

Selain itu, pemerintah juga akan mengeluarkan kebijakan sementara yang isinya akan memberi kompensasi bagi karyawan yang bekerja pada hari Minggu atau libur. Langkah ini diyakini akan membantu menciptakan 500 ribu pekerjaan.

Kredit mikro yang dapat menghasilkan 450 ribu usaha dan aturan yang mengakomodasi hingga 1,25 juta difabel untuk kembali ke dunia kerja.




TERBARU

[X]
×