kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CenturyLink siap mengakuisisi Level 3


Rabu, 02 November 2016 / 12:59 WIB
CenturyLink siap mengakuisisi Level 3


Sumber: Reuters | Editor: Rizki Caturini

NEW YORK. CenturyLink Inc akan membeli Level 3 Communications Inc. Nilai pembelian diperkirakan US$ 24 miliar. Ekspansi tersebut untuk memperluas jangkauan CenturyLink di layanan komunikasi. Terutama agar bersaing dengan AT&T dan Verizon.

Kesepakatan ini dalam bentuk tunai dan saham. Kedua perusahaan menargetkan transaksi ini akan kelar pada kuartal III tahun depan. Aksi korporasi ini diharapkan bisa membantu pertumbuhan kinerja yang tengah melemah.

Dua perusahaan tersebut melaporkan kinerja kuartal III 2016 yang melemah. "Level 3 berharap bisa kembali tumbuh dalam bisnis inti tapi mereka tidak mampu," kata analis BTIG Walt Piecyk seperti dikutip Reuters. Sementara kinerja CenturyLink melemah lantaran getol membeli perusahaan dalam dua kuartal terakhir. 

CenturyLink gencar mengakuisisi lantaran berambisi menjadi perusahaan telekomunikasi tangguh. CenturyLink pun ingin memiliki klien lebih banyak. Karena itu, CenturyLink membutuhkan bandwidth dan jaringan lebih cepat. 

"Kami sudah lebih besar saat ini. Kami fokus pada pasar perusahaan," ujar Chief Executive CenturyLink Glen Post seperti dikutip Reuters. Ia berharap, dengan mengakuisisi Level 3 bakal menjadi salah satu perusahaan jaringan fiber optik terbesar dan berkecepatan tinggi di dunia. Post akan memimpin perusahaan gabungan. 

Analis khawatir CenturyLink akan menggunakan saham untuk menutupi pendanaan pembelian saham Level 3. Sebab sebelumnya, perusahaan ini menyatakan akan menaikkan rasio utang terhadap ekuitas. Penawaran saham Level 3 sekitar US$ 66,5 per saham. Harga tersebut 42% lebih tinggi dari harga sebelum rilis akuisisi muncul. 

Kinerja

Century Link memperkirakan pendapatan kuartal IV ini akan lebih rendah dari proyeksi yakni US$ 4,28 miliar-US$ 4,34 miliar. Penurunan pendapatan diperkirakan karena bisnis wireline. 

Century Link menargetkan laba per saham bisa mencapai 53 sen dollar-59 sen dollar pada kuartal IV ini. Adapun, analis yang disurvei Reuters memperkirakan pendapatan CenturyLink bakal mencapai US$ 4,38 miliar dengan laba per saham 64 sen dollar di kuartal IV 2016. 

Sedangkan, pendapatan Level 3 pada kuartal III lalu tercatat US$ 2,03 miliar, di bawah estimasi analis yang memperkirakan US$ 2,07 miliar. 
Kesepakatan kedua perusahaan itu jika menghitung utang maka nilainya sekitar US$ 34 miliar. Post mengatakan, transaksi ini juga akan menghemat biaya sekitar US$ 975 juta per tahun. 

Analis Drexel Hamilton Barry Sine mengatakan, persaingan bisnis telekomunikasi makin sesak dan sedikit memprihatinkan. Kendati begitu, persaingan itu masih terbilang normal.

Dalam akuisisi ini, CenturyLink dibantu oleh BoA Merrill Lynch dan Morgan Stanley sebagai penasihat keuangan. Sedangkan, Level 3 akan dibantu Citigroup sebagai penasihat keuangan.                




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×