kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,54   -7,83   -0.79%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Chelsea bakal bangun stadion anyar £500 juta


Kamis, 12 Januari 2017 / 14:49 WIB
Chelsea bakal bangun stadion anyar £500 juta


Sumber: BBC | Editor: Rizki Caturini

LONDON. Klub sepakbola Chelsea telah mendapat izin dari Hammersmith and Fulham London Borough Council untuk membangun stadion baru. Rencananya stadion Stamford Bridge yang saat ini berdiri akan dirobohkan dan akan dibangun kembali dengan kapasitas penonton yang lebih banyak. Stadion ini rencananya berkapasitas 60.000 kursi penonton dengan memakan biaya anggaran £500 juta. 

Keputusan dari komite baru langkah awal untuk bisa merealisasikan rencana tersebut. Chelsea harus mendapatkan izin lainnya, termasuk dari Walikota London, Sadiq Khan. "Kami bersyukur mendapat izin pembangun kembali markas bersejarah kami," ujar manajemen Chelsea dalam sebuah peryataan. 

Stadion anyar itu didesain oleh arsitek Herzog and de Meuron. Dia juga yang meranjang stadion olimpiade "Bird Nest" di Beijing. 

Ini artinya pemilik klub Chelsea, Roman Abramovich, harus mencari markas sementara untuk klub sepakbola yang sedang jadi pemimpin klasemen sementara Liga Inggris ini dalam tiga tahun ke depan. 

Chelsea akan sulit mendapat tempat di stadion Wembley karena saat ini sedang ditempati oleh Tottenham Hotspur paling tidak hingga musim pertandingan 2017-2018. Sebab, Tottenham juga sedang menyelesaikan pembangunan stadion anyarnya dengan kapasitas 61.000 kursi penonton. Sebenarnya Chelsea tetap bisa menggunakan Stamford Bridge selama masa pembangunan, tapi ini diperkirakan akan menjadi pilihan yang mahal.  

Abramovich sebelumnya mengincar Battersea Power Station untuk membangun stadion yang lebih besar. Namun pengembang wilayah tersebut memilih untuk membangun apartemen di situ. Saat ini Stamford Bridge menjadi stadion terbesar ketujuh yang digunakan tim Liga Inggris. 

Sepuluh tahun lalu Arsenal membangun Emirates Stadium dengan kapasitas 60.000 penonton. Wes Ham pada musim panas lalu pindah ke Olympic Stadium di Stratford dengan kapasitas 41.663 penonton dan Spurs sedang membangun kembali White Hart Lane milik mereka. 

  




TERBARU

[X]
×