kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,13   1,49   0.16%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China abaikan seruan Australia untuk berunding, akan ada perang dagang baru?


Minggu, 17 Mei 2020 / 12:44 WIB
China abaikan seruan Australia untuk berunding, akan ada perang dagang baru?
ILUSTRASI. Bendera Australia


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - MELBOURNE. Australia mendesak China untuk menanggapi permintaannya untuk membahas pelonggaran ketegangan perdagangan antar kedua negara setelah Australia menyerukan penyelidikan internasional tentang asal usul virus corona.

Mengutip Reuters, Minggu (17/5), China menuduh Australia memainkan trik kecil baru-baru ini dengan menangguhkan impor daging sapi dari empat perusahaan pengolah daging terbesar di Australia dan sedang mempertimbangkan untuk mengenakan tarif yang besar pada impor gandum.

Dalam wawancara di televisi di Australian Broadcasting Corp (ABC) pada Minggu, Menteri Perdagangan Australia Simon Birmingham mengatakan ia telah meminta mitranya dari China untuk mendiskusikan masalah perdagangan.

Baca Juga: China akan ambil keputusan yang adil dan obyektif terkait gandum Australia

"Permintaan itu belum dipenuhi dengan panggilan yang ditampung pada tahap ini," katanya pada program ABC 'Insiders'. 

"Kami terbuka untuk melakukan diskusi itu, bahkan ketika ada masalah yang sulit untuk didiskusikan."

Birmingham mengatakan Australia berhak untuk membawa kasus terhadap China ke WTO jika Beijing mengenakan tarif pada gandum Australia.

Hubungan antara Canberra dan Beijing tegang di tengah tuduhan Australia tentang campur tangan China dalam urusan dalam negeri dan kekhawatiran Australia tentang pengaruh China yang semakin besar di kawasan Pasifik.

Seruan untuk menyelidiki asal-usul virus corona digulirkan di tengah meningkatnya kritik terhadap penanganan China atas wabah virus corona oleh Presiden AS Donald Trump, yang mengatakan bahwa Beijing akan menghadapi konsekuensi jika pihaknya "secara sadar bertanggung jawab" atas pandemi tersebut.

Canberra bersikeras meminta penyelidikan pandemi itu, yang katanya kemungkinan besar berasal dari pasar satwa liar di kota Wuhan di China.

Australia bergabung dengan negara-negara lain dalam mendorong penyelidikan ketika Majelis Kesehatan Dunia, badan pembuat keputusan WHO, berkumpul minggu depan di Swiss untuk pertemuan tahunan pertamanya sejak pandemi Covid-19 dimulai. 

Covid-19 adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus corona.

Pandemi telah menyebabkan lebih dari 4,6 juta infeksi dan lebih dari 310.000 kematian di seluruh dunia, menurut data Reuters, melumpuhkan kehidupan di kota-kota besar dan ekonomi yang menghancurkan.

Baca Juga: China izinkan impor gandum dan blueberry dari AS

Australia sejauh ini berhasil menahan pandemi dengan langkah-langkah cepat dan ketat, menerapkan jarak sosial dan pengujian agresif meskipun secara ekonomis sangat mahal.

Negara ini, dengan populasi 25 juta, telah mencatat 7.036 Covid-19 kasus dan 98 kematian, secara signifikan di bawah tingkat yang dilaporkan di Amerika Utara dan Eropa. Pada hari Sabtu, pemerintah telah melaporkan pengujian lebih dari 1 juta orang untuk virus tersebut.

Dengan turunnya kasus harian baru, Australia telah mulai melonggarkan pembatasan sosialnya dengan sebagian besar negara bagian memungkinkan untuk pertemuan publik dan beberapa pub, mal, taman dan pantai memungkinkan untuk dibuka kembali setelah terkunci selama berminggu-minggu.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×