kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Editorial media China: Dunia harus belajar dari Tiongkok dalam melawan virus corona


Selasa, 17 Maret 2020 / 08:29 WIB
Editorial media China: Dunia harus belajar dari Tiongkok dalam melawan virus corona
ILUSTRASI. Presiden China Xi Jinping. REUTERS/Thomas Peter TPX IMAGES OF THE DAY


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Pemimpin media China Daily, dalam tajuk rencana hari Selasa menuliskan, seluruh dunia harus belajar dari China dan mengikuti prinsip-prinsip deteksi dini, karantina dini, dan perawatan dini untuk menghentikan penyebaran global virus corona.

Mengutip Reuters, meskipun virus corona pertama kali ditemukan tahun lalu di kota Wuhan, di mana para pejabat awalnya mencoba untuk menutupi wabah, China telah berusaha untuk menekankan peran positif yang telah dimainkannya dalam mengendalikan penyebaran penyakit global.

Dengan jumlah kasus domestik baru yang terus berkurang, China kini telah mengalihkan perhatiannya untuk mengendalikan infeksi baru yang datang ke negara itu dari luar negeri, di mana pandemi ini terus menyebar secara masif.

Baca Juga: Xi Jinping: China akan raih kemenangan awal hingga akhir atas epidemi corona

China Daily mengatakan Singapura, Jepang dan Korea Selatan memiliki semua "berdasarkan tanggapan mereka pada pengalaman dan pelajaran yang diambil dari pertempuran sukses China dengan virus". Dan China sekarang "secara proaktif berbagi" praktik terbaiknya.

Tetapi tidak semua negara memperhatikan, meningkatkan kemungkinan epidemi akan memburuk, kata surat kabar itu.

“Meskipun ada keseriusan yang tidak dapat dipungkiri dari situasi ini, beberapa negara telah mencoba untuk mengecilkan risiko, dan langkah-langkah yang mereka ambil tidak cukup untuk mengendalikan pandemi di rumah, tetapi juga tidak cukup untuk mencegah diri mereka menjadi sumber penularan virus ke negara lain,” katanya.

Baca Juga: Berlakukan lockdown, Prancis: Kita dalam kondisi perang melawan musuh tak terlihat!

Dikatakan pula: "Situasi yang memburuk secara drastis" di beberapa negara menunjukkan pentingnya tindakan yang ditargetkan untuk meningkatkan karantina dan perawatan, dan mereka juga harus memperkuat komunikasi dan kerja sama untuk mengoordinasikan upaya mereka dengan lebih baik.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×