kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China kirim helikopter Z-20 buatan dalam negeri ke wilayah perbatasan Xinjiang


Selasa, 09 Februari 2021 / 13:37 WIB
China kirim helikopter Z-20 buatan dalam negeri ke wilayah perbatasan Xinjiang
ILUSTRASI. Dua helikopter angkut Z-8 yang?tergabung dalam Brigade Penerbangan Angkatan Darat Grup 76 PLA terbang di ketinggian yang sangat rendah di daerah dataran tinggi selama latihan penerbangan penetrasi pada 22 Juni 2020.


Sumber: Global Times | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - XINJIANG. Komando Militer Xinjiang Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) baru-baru ini menugaskan helikopter baru seri Z-20 yang merupakan produk asli dalam negeri.

Helikopter Z-20 mengalami sejumlah modifikasi mesin demi meningkatkan kinerja dan daya tahan. Secara umum, helikopter ini memiliki peran transportasi namun tetap dilengkapi dengan sejumlah persenjataan standar untuk bertahan.

Dilansir dari Global Times, pasukan komando Xinjiang pada Minggu (7/2) melakukan latihan penerbangan helikopter Z-20 di atas Pangong Tso di Garis Kontrol Aktual perbatasan China-India.

Helikopter Z-20 melakukan debut publiknya pada parade militer Hari Nasional, 1 Oktober 2019 di Beijing.

Z-20 menarik perhatian dengan menampilkan mesin dan rotor yang kuat dan dikembangkan di dalam negeri yang dibangun dengan teknologi anti-icing dan de-icing yang memungkinkannya terbang meskipun tingkat oksigen rendah.

 Baca Juga: Xi Jinping minta militer China tetap tingkatkan kesiapan tempur selama musim liburan

Dengan kemampuan tersebut, helikopter Z-20 dianggap sangat cocok untuk bertugas di dataran tinggi Xinjiang yang merupakan perbatasan antara China dan India.

Sulit dilacak oleh radar 

Berbeda dengan yang dipamerkan sebelumnya, CCTV melaporkan, helikopter Z-20 yang hadir di Xinjiang memiliki bukaan knalpot mesin menghadap ke atas. Sementara versi sebelumnya memiliki bukaan knalpot mesin menghadap ke luar.

Wang Ya'nan, ahli penerbangan militer dari majalah Aerospace Knowledge, menilai, model knalpot tersebut mengindikasikan helikopter Z-20 telah dioptimalkan untuk tanda inframerah mereka sehingga menjadi lebih sulit dilacak oleh radar anti-pesawat musuh.

Baca Juga: Unggul di dataran tinggi, militer China utus tank Type 15 ke perbatasan dengan India




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×