kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,81   3,17   0.34%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China menampik Trump soal kenaikan tarif yang membuat perusahaan asing pergi


Selasa, 21 Mei 2019 / 20:37 WIB
China menampik Trump soal kenaikan tarif yang membuat perusahaan asing pergi


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Kementerian Luar Negeri China mengklaim investor asing tetap tertarik berinvestasi di China meskipun negara tersebut tengah dalam kondisi perang dagang dengan Amerika Serikat (AS).

Pernyataan Kementerian Luar Negeri China ini menyusul klaim Presiden AS Donald Trump bahwa tarif yang diterapkannya menyebabkan perusahaan asing memindahkan produksinya ke luar China.

Mengutip Reuters, Selasa (21/5), Juru bicara kementerian luar negeri China, Lu Kang, menanggapi pertanyaan tentang klaim Trump pada briefing berita harian, mengatakan investor asing masih bullish di China.

"Meskipun selama setahun terakhir atau lebih Amerika Serikat terus mengancam produk-produk China dengan tarif tambahan, semua orang dapat melihat bahwa antusiasme untuk investor asing di China tetap tinggi," kata Lu.

Lu melanjut saat ini terdapat sejumlah perusahaan yang masih berinvestasi di China termasuk Tesla, BASF, dan BMW. Perusahaan-perusahaan tersebut kata Lu baru-baru ini tengah meningkatkan investasi mereka di China. Dia menambahkan bahwa China akan terus meningkatkan kondisi bisnis dan investasi untuk perusahaan asing.

Kamar Dagang (Kadin) Amerika Serikat di China mengatakan pada bulan Februari bahwa mayoritas anggotanya melaporkan dalam survei tahunan bahwa mereka lebih menyukai Amerika Serikat mempertahankan tarif barang-barang Cina sementara Washington dan Beijing mencoba untuk menuntaskan kesepakatan untuk mengakhiri perang dagang.

Kadin AS itu mengatakan bahwa 19% dari perusahaan anggotanya menyesuaikan rantai pasokan atau mencari sumber komponen dan perakitan di luar China sebagai akibat dari tarif. Sementara 28% menunda atau membatalkan keputusan investasi di China.

Sementara, Kadin Uni Eropa di China mengatakan pada hari Senin bahwa transfer teknologi yang dipaksakan kepada perusahaan-perusahaan China dalam pertukaran untuk akses pasar meningkat untuk perusahaan-perusahaan Eropa meskipun Beijing mengatakan masalah itu tidak ada.

Menyelesaikan masalah itu dengan cara yang dapat ditegakkan adalah permintaan inti AS dalam negosiasi perdagangan. 

Trump mengatakan dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada hari Minggu bahwa tarifnya pada barang-barang China menyebabkan perusahaan-perusahaan asing memindahkan industri manufaktur mereka dari China ke Vietnam dan negara-negara Asia lainnya.

Trump juga bilang bahwa perjanjian apa pun untuk mengakhiri perang dagang dengan China tidak mungkin mencapai kesepakatan yang sama-sama menguntungkan.

Tidak ada pembicaraan perdagangan lebih lanjut antara perunding perdagangan top China dan A.S. yang telah dijadwalkan sejak putaran terakhir berakhir pada 10 Mei - hari yang sama Trump menaikkan tingkat tarif produk-produk China senilai US$ 200 miliar menjadi 25% dari 10%. 

Trump mengambil langkah itu setelah China melakukan perubahan besar pada kesepakatan yang menurut para pejabat AS sebagian besar telah disepakati.

Sejak saat itu, Tiongkok telah mengeluarkan nada tegas dalam retorikanya. China menunjukkan bahwa dimulainya kembali pembicaraan yang bertujuan mengakhiri perang dagang 10 bulan tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×