kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Curi perhatian, putri pengusaha kartel obat terlarang Meksiko berbagi bantuan corona


Jumat, 17 April 2020 / 07:31 WIB
Curi perhatian, putri pengusaha kartel obat terlarang Meksiko berbagi bantuan corona
ILUSTRASI. Warga mengenakan masker di Meksiko. REUTERS/Carlos Jasso


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MEXICO CITY. Seorang putri penguasa obat bius terkenal Joaquin "El Chapo" Guzman dan beberapa kartel Meksiko telah membagikan paket bantuan untuk membantu penduduk yang kekurangan uang dalam upaya menolong mereka di tengah merebaknya pandemi virus corona.

Mengutip Reuters, dalam satu video yang diposting di Facebook, putri Guzman, Alejandrina, terlihat memasukkan kertas toilet dan makanan ke dalam kotak kardus berlogo slick dan gambar desainer bergaya stensil ayahnya, mantan kepala kartel Sinaloa yang sekarang dalam keamanan maksimum Penjara AS.

Minyak, gula, beras, dan barang-barang lainnya di dalam kotak, yang oleh narator video disebut "Chapo's Provisions", didistribusikan di kota terbesar kedua di Meksiko, Guadalajara, di negara bagian Jalisco barat.

Baca Juga: Kabar corona global: Petugas kesehatan Amerika Latin hadapi gelombang permusuhan

Selebaran Alejandrina dikaitkan dengan perusahaannya, yang secara hukum memasarkan pakaian dan alkohol yang terkait dengan citra ayahnya di bawah merek "El Chapo 701".

Namun, anggota aktif kartel juga telah mencari publisitas, dengan gambar dan video di media sosial yang menunjukkan anggota geng memberikan bantuan kepada penduduk lokal.

Terkenal karena kebrutalan, termasuk pemenggalan kepala dan melarutkan korban dalam tong asam sulfat, kartel juga memiliki sejarah berusaha untuk memenangkan hati dan pikiran masyarakat miskin di mana mereka beroperasi.

Baca Juga: Meksiko mencatatkan jumlah warga yang terinfeksi corona menjadi 3.441 orang

Ekonomi Meksiko telah terpukul oleh wabah virus corona dan banyak yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup ketika negara itu menuju ke resesi terberatnya dalam sejarah.

Seorang saksi Reuters pada hari Kamis mengunjungi gudang "El Chapo 701", yang ditumpuk dengan kotak-kotak untuk dibagikan di sekitar Guadalajara. Beberapa pekerja memakai masker wajah bergaya medis yang membawa gambar El Chapo.




TERBARU

[X]
×