kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dalam fase mengerikan pandemi corona, Portugal minta bantuan luar negeri


Kamis, 28 Januari 2021 / 19:09 WIB
Dalam fase mengerikan pandemi corona, Portugal minta bantuan luar negeri
ILUSTRASI. Ambulans dengan pasien Covid-19 mengantre di depan Rumahsakit Santa Maria, di tengah pandemi virus corona, di Lisbon, Portugal, Selasa (26/1/2021).


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - LISBON. Portugal berada dalam fase mengerikan pandemi virus corona, dan hanya bisa berharap bantuan terbatas dari luar negeri, Perdana Menteri Antonio Costa mengatakan.

Dengan 668.951 kasus dan 11.305 kematian akibat virus corona, Portugal memiliki rata-rata tujuh hari tertinggi di dunia untuk kasus harian baru dan kematian per juta penduduk.

"Tidak ada gunanya memberi ilusi bahwa kita tidak menghadapi momen terburuk," kata Costa kepada penyiar TVI, Rabu (27/1) malam, seperti dikutip Reuters. 

"Situasinya tidak buruk tapi mengerikan," ungkap dia. "Dan, kita akan menghadapi momen terburuk ini selama beberapa minggu lagi, itu sudah pasti".

Costa mengungkapkan, situasi pandemi memburuk, sebagian karena pemerintahannya melonggarkan langkah-langkah pembatasan pada Natal dan Tahun Baru lalu. Juga, lantaran ganasnya varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris.

Baca Juga: Lewat studi, Pfizer klaim vaksinnya tetap efektif melawan varian baru virus corona

Beberapa rumahsakit di Portugal kehabisan tempat tidur, yang lain melihat persediaan oksigen yang menipis, dan beban dokter serta perawat terlalu berlebih. 

Staf di Rumahsakit Cascais, dekat Lisbon, mengatakan kepada Reuters, mereka kelelahan dan terkadang kesulitan untuk tetap termotivasi. "Tidak ada akhir yang terlihat," ujar seorang perawat.

Jerman mengatakan pada Rabu (27/1), mereka bersedia membantu dan telah mengirim ahli medis militer ke Portugal untuk menilai dukungan seperti apa yang dapat negeri panser berikan.

Mengenai kemungkinan bantuan Jerman, Costa berkata: "Dalam segala hal yang diminta Portugal, sayangnya mereka tidak memiliki ketersediaan, yaitu dokter, perawat".

Selanjutnya: Terbaik mengatasi pandemi virus corona: Selandia Baru nomor 1, Indonesia peringkat 85




TERBARU

[X]
×