kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dapat pinjaman, Boeing mulai ekspansi di tahun ini


Selasa, 28 Januari 2020 / 17:38 WIB
Dapat pinjaman, Boeing mulai ekspansi di tahun ini
ILUSTRASI. Boeing 737 MAX 8. Perusahaan maskapai asal Amerika Serikat (AS) Boeing baru saja menerima pinjaman jumbo sebesar US$ 12 miliar.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Perusahaan maskapai asal Amerika Serikat (AS) Boeing baru saja menerima pinjaman jumbo sebesar US$ 12 miliar. Melansir Bloomberg, Selasa (28/1) dana tersebut bakal dipakai untuk menopang rencana ekspansi perusahaan di tahun 2020. 

Termasuk untuk meningkatkan produksi pesawat di tengah krisis keuangan yang diakibatkan kasus 737 Max.

Baca Juga: Meski makin meluas, WHO percaya kemampuan China kendalikan virus corona

Perjanjian pinjaman yang ditandatangani pada Senin (27/1) ini diperkirakan akan memiliki margin sebesar 100 basis poin (bps) sesuai bunga acuan London Interbank Offered Rate (Libor). Ditambah biaya komitmen yang ditanggung Boeing sekitar 9 bps.

Selain itu, Boeing juga bakal menanggung komisi di depan alias upfront fee sebesar 5 bps. Perihal pembiayaan jumbo ini, Citigroup Inc, akan menjadi pemimpin dalam sindikasi pembiayaan yang nilai awalnya sebesar US$ 10 miliar dengan periode penarikan dalam kurun dua tahun. 

Pemberian kredit ini juga menjadi sinyal positif bagi Boeing, lantaran sudah meningkatnya tingkat kepercayaan perbankan terhadap Boeing.

CEO Boeing Dave Calhoun mengatakan bahwa produksi pesawat 737 Max diharapkan bisa segera dimulai kembali, beberapa bulan sebelum diperkirakan bakal kembali mengudara pada pertengahan tahun ini.

Baca Juga: Blackstone naikkan tawar untuk akuisisi jaringan hotel Jepang, Unizo Holding

Kendati dilaporkan nilai pinjaman sebesar US$ 12 miliar, beberapa sumber menyatakan kalau Boeing mendapat pinjaman lebih dari nominal tersebut. Kredit sindikasi ini juga melibatkan beberapa bank besar.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×