kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Demokrat akan hentikan Shutdown Trump tanpa restu pendanaan pembangunan dinding


Selasa, 01 Januari 2019 / 17:49 WIB
Demokrat akan hentikan Shutdown Trump tanpa restu pendanaan pembangunan dinding
ILUSTRASI. Gedung Mahkamah Agung Amerika Serikat


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Partai Demokrat di parlemen Amerika Serikat (AS) berencana untuk memberikan suara pada hari Kamis (3/1) mendatang terkait paket pendanaan untuk mengakhiri pemberhentian operasional pemerintah AS secara parsial selama sepuluh hari. Sebelumnya Trump meminta restu kepada parlemen untuk dana sebesar US$ 5 miliar untuk pembangunan dinding perbatasan AS-Meksiko.

Demokrat secara resmi telah mengambil alih DPR dari Partai Republik setelah memenangkan mayoritas kursi dalam pemilihan kongres November lalu.

Terdapat dua paket pengajuan dana yang dilakukan oleh Demokrat kepada DPR AS pada Senin (31/12). Pertama, pendanaan untuk Departemen Keamanan Dalam Negeri hingga 8 Februari tanpa pendanaan dinding baru yang diajukan Trump. Kedua, pengajuan dana gabungan yang bernilai hampir US$ 265 miliar untuk menyelesaikan agen-agen yang ditutup pada akhir 30 September tahun fiskal berjalan.

Kedua peket pendanaan ini akan diajukan secara terpisah di DPR pada Kamis mendatang. Jika DPR menyetujui, selanjutnya paket pendanaan ini akan meminta persetujuan dari Senat yang dipimpin Partai Republik. Kebijakan Demokrat ini akan menandai pertempuran besar antara Demokrat yang menguasai parlemen yang dipimpin oleh Nancy Pelosi melawan Trump dan pemimpin juru bicara Partai Republik Mitch McConnell.

"Sementara Presiden Trump menyeret negara ke minggu kedua Shutdown dan duduk di Gedung Putih dan sambil bermain twitter. Demokrat akan mengambil tindakan untuk membawa negara kita keluar dari kekacauan ini," ujar Senat Demokrat Chuck Schumer seperti dikutip Reuters, Selasa (1/1).

Demokrat menentang permintaan Trump untuk pendanaan dinding Meksiko, lantaran pembangunan dinding itu dinilai tidak bermoral, tidak efektif, dan mahal.

Demokrat berharap pendekatan yang diajukan akan menempatkan Senat Republik pada posisi yang sulit. Jika Republik menolak dana untuk departemen yang tidak berhubungan dengan keamanan perbatasan, Partai Republik dapat dianggap menahan lembaga pemerintah AS dan sekitar 800.000 pekerja mereka yang terkena sandera atas permintaan tembok Trump.

Paket keamanan dalam negeri yang diajukan oleh Demokrat senilai US$ 1,3 miliar untuk pagar perbatasan, dan sekitar US$ 300 juta lebih untuk keperluan keamanan perbatasan lainnya termasuk kamera dan teknologi. Demokrat mengatakan seluruh paket didasarkan pada undang-undang yang telah disahkan oleh komite Senat.

Shutdown pemerintahan AS dimulai pada 22 Desember dan telah menghentikan kegiatan sekitar seperempat dari pemerintah federal, lantaran Parlemen menolak pembangunan dinding perbatasan. Padahal hal tersebut merupakan janji kanpanye Trump di 2016 lalu lalu meski kala itu, ia menyebut pendanaan dinding akan didanai oleh Meksiko.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×