kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dokter trainee Saudi mudik ramai-ramai, pelayanan kesehatan Kanada bisa terganggu


Kamis, 09 Agustus 2018 / 06:32 WIB
Dokter trainee Saudi mudik ramai-ramai, pelayanan kesehatan Kanada bisa terganggu
ILUSTRASI. PM Kanada Justin Trudeau


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - MONTREAL. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pada hari Rabu bahwa dia akan terus menekan Arab Saudi mengenai catatan hak asasi manusianya, bahkan ketika perselisihan dengan Riyadh atas kritik dari Ottawa terus meningkat.

Trudeau -yang menyebut masalah ini sebagai "perbedaan pendapat diplomatik"- juga mengatakan kepada wartawan bahwa Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland telah mengadakan percakapan panjang dengan rekannya di Saudi pada hari Selasa, tetapi tidak memberikan rincian.

Arab Saudi membekukan dan melarang kesepakatan perdagangan baru dengan Kanada setelah Kanada mendesak pembebasan aktivis hak-hak sipil yang dipenjara.

"Pembicaraan diplomatik terus berlanjut. Tetapi seperti yang dikatakan Menteri Freeland), dan seperti yang akan kami ulangi, Kanada akan selalu berbicara dengan jelas dan jelas, secara pribadi dan di depan umum, tentang masalah-masalah hak asasi manusia," kata Trudeau pada suatu acara di Montreal.

"Kami tidak ingin memiliki hubungan yang buruk dengan Arab Saudi tetapi kami akan terus menggarisbawahi tantangan di mana dan kapan mereka ada, di Arab Saudi dan tempat lain," tambahnya.

Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir sebelumnya mengesampingkan pembicaraan tentang mediasi, mengatakan pada konferensi pers di Riyadh bahwa "kesalahan telah dibuat dan kesalahan harus diperbaiki".

Ketegangan Arab Saudi dengan Kanada sepertinya memang belum reda. Setelah memerintahkan seluruh siswa yang tengah belajar di Kanada mudik, Pemerintah Saudi juga berseru agar ratusan dokter peserta pelatihan meninggalkan Kanada di tengah-tengah pertikaian diplomatik ini.

Seruan ini bisa mengganggu rumah sakit Kanada dan mengakhiri program 40 tahun pelatihan spesialis untuk kerajaan. Maklum, Arab Saudi merupakan sumber terbesar tenaga kerja medis dan peserta pelatihan asing di Kanada. Mereka bahkan menempati 95% tempat tinggal internasional pada tahun akademik mendatang.

Pada 2016, hampir lima persen, atau 765, dari dokter trainee Kanada berasal dari sekolah kedokteran Saudi, menurut Asosiasi Fakultas Kedokteran Kanada.

"Kami harus menutupi setiap lubang dalam jadwal dengan trainee kami sendiri atau dokter staf kami," kata Gillian Howard, juru bicara Jaringan Kesehatan Universitas, yang mengoperasikan empat rumah sakit Toronto yang akan kehilangan 86 dokter.

"Ini akan membuat stres, tetapi kami harus melakukannya."

Profesor hukum dan kedokteran Universitas Ottawa Amir Attaran mengatakan seorang mahasiswa Saudi yang tidak dikenalnya mengetuk pintunya pada hari Selasa, memohon bantuan untuk tinggal di negara tersebut. "Tentu saja tidak ada yang bisa saya lakukan."

Mahasiswa Saudi "khawatir" dan mencari arahan dari pemerintah mereka tentang apa yang harus dilakukan, kata Aseel Ameen dari Klub Mahasiswa Saudi di Ottawa. Beberapa orang mencari cara untuk keluar dari sewa apartemen, menjual furnitur dan membeli tikel penerbangan. 

Maskapai nasional Saudia, yang mengatakan akan menunda layanan ke Kanada mulai Senin, menyiapkan hotline bagi para siswa untuk menelepon dan membuat pengaturan untuk terbang pulang.

"Kami berharap bahwa setiap orang akan cepat mengakhiri semua ikatan dan mengajukan permohonan tiket pulang ke Kerajaan dalam waktu satu bulan," kementerian pendidikan Saudi menge-tweet pada hari Selasa.

Asosiasi yang mewakili dokter Kanada mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keberangkatan paksa mahasiswa Saudi "bisa memiliki konsekuensi yang sangat negatif" pada kemampuan sistem perawatan Kanada untuk memberikan perawatan tepat waktu.

Para peserta pelatihan medis Saudi merupakan bagian dari program yang didanai Riyadh. Program ini sudah berusia empat dekade.

Pada tahun 2012, rilis pemerintah Kanada mengatakan lebih banyak dokter Saudi yang berlatih di Kanada daripada di tempat lain di dunia.

Kualitas perawatan di Arab Saudi telah dikritik oleh banyak orang Saudi, dan pemerintah berada di bawah tekanan untuk mengatasi kekurangan dokter.

Hanya 27% atau sekitar 24.000 dari dokter dan dokter gigi negara itu adalah warga negara Saudi pada tahun 1437 AH, yang mencakup sebagian dari 2015 dan 2016, menurut statistik pemerintah Saudi. Kerajaan sangat bergantung pada dokter yang lahir di luar negeri, dengan spesialis terutama yang menuntut gaji tinggi.

"Banyak dari trainee (yang berbasis di Kanada) cukup senior, melakukan fellowship, mendapatkan pengalaman subspesialisasi," kata Salvatore Spadafora, wakil dekan dengan sekolah kedokteran Universitas Toronto, di mana 216 siswa terpengaruh.

"Kau tahu mereka akan kembali dan melakukan banyak hal hebat untuk negara mereka, dan kehilangan potensial itu tidak menguntungkan."

Pemerintah Saudi mengatakan akan merelokasi warga belajar di Kanada ke negara lain. Tetapi tidak jelas kapan atau bagaimana orang-orang medis akan melanjutkan pelatihan khusus mereka.




TERBARU

[X]
×